Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik, SMPN 5 Palopo Bakal Gelar Pendidikan Karakter

47
ADVERTISEMENT

PALOPO – SMPN 5 Palopo bakal menggelar pelatihan pendidikan karakter. Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 5 Palopo, Wagiran saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/8/2021).

“Pendidikan karakter itu penting buat tenaga pendidik maupun peserta didik. Bagimana cara tenaga pendidik supaya bisa memahami karakter peserta didik, tentu untuk memahami itu SMPN 5 siap mendatangkan narasumber yang berkompoten di bidang tersebut,” katanya.

ADVERTISEMENT

Wagiran menuturkan, tujuan adakan nanti pelatihan pendidikan karakter itu tidak lain untuk menguatakan tenaga pendidikan agar proses dalam pembelajaran yang diterapkan dapat dipahami secara kualitas oleh siswa.

“Sehingga kedepanya ada peningkatan wawasan, perilaku dan keterampilan para siswa dan dapat membentuk siswa yang berilmu dan berkarakter,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, kata dia sekolah yang dia pimpin juga akan siap menghadapi pelaksanaan asesmen nasional..

“Khusnya untuk SMPN 5 sanggat siap mengahadapi asesmen nasional dengan begitu kami sudah siap. Beberapa sarana dan prasarana berupa IT telah kami siapakan. Karena peserta sudah ditentukan jumlahnya dari pusat dan khusunya untuk SMPN 5 sebanyak 45 peserta,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Kegiatan itu, katanya, salah satu program dari Kementerian Pendidikan yang sebelumnya tahun 2020 pelaksanaan Ujian Nasional (UN).UN pada tahun 2021 akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

“Asesmen ini berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasinya,” jelasnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT