Tingkatkan Layanan, DPMPTSP Palopo Bakal Perkenalkan TOL INFO

703
Suasana layanan MPP di Kantor DPMPTSP Palopo pada Jumat lalu.

PALOPO — Upaya meningkatkan Iklim investasi dan usaha di Kota Palopo terus dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Palopo.

Setelah melaunching Mall Pelayanan Publik (MPP) belum lama ini, DPMPTSP kembali akan menghadirkan layanan pendukung.

Layanan tersebut yakni sistem pelayanan informasi berbasis web melelui aplikasi TOL INFO (Tombol Online Informasi) yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses Informasi terkait layanan publik yang ada pada MPP Kota Palopo.

Namun sebelum diberlakukan, DPMPTSP Palopo akan terlebih dahulu menggelar bincang teknologi pada Senin (9/9/2019) di warkop lantai III MPP.

Kabid Informasi, Pengaduan dan Pelayanan Terpadu, Syam Sain mengatakan, untuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, diperlukan pengelolaan pelayanan publik terpadu dan terintegrasi seluruh jenis pelayanan Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah/ Badan Usaha Milik Negara/ Badan Usaha Milik Daerah/ swasta pada satu tempat guna penyelenggaraan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

“Sehingga dipandang perlu melakukan pengintegrasian pelayanan publik pada satu tempat. Pemerintah Kota Palopo, melalui DPMPTSP memberi perhatian yang besar terhadap upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka percepatan tindak lanjut dan implementasi dari berbagai kebijakan pemerintah di bidang Pelayanan Publik, hal ini telah dibuktikan dengan membentuk Mal Pelayanan Publik (MPP) yang pertama di Sulawesi Selatan,” kata Syam.

“Untuk menunjang pelayanan pada Mal Pelayanan Publik Kota Palopo akan diwujudkan sebuah sistem pelayanan informasi berbasis web melelui aplikasi TOL INFO lyang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses Informasi terkait layanan publik yang ada pada MPP Kota Palopo,” tambahnya.

Adapun tujuan bincang teknologi ini yakni menjaring aspirasi, masukan dan informasi dari berbagai pihak terkait guna terwujudnya sebuah sistem yang benar benar kompatibel.

Menyamakan persepsi berbagai pihak terkait sistem pelayanan informasi berbasis web melelui aplikasi TOL INFO pada mal pelayanan publik kota palopo.
Mendapatkan masukan dan informasi multistakeholder, terkait poin-poin utama yang akan digunakan, dan bersama semua pihak merumuskan rancangan yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan TOL INFO pada MPP Kota Palopo.

“Metode pelaksanaan kegiatan Bincang Tehnologi ini dilakukan secara partispatif dengan melibatkan stakeholders yang ada,” tandas Syam. (asm)