Tingkatkan Minat Baca Murid, SDN 07 Ponjalae Dirikan Perpustakaan dengan Konsep Terbuka

77

PALOPO-SDN 07 Ponjalae mendirikan perpustakaan dengan konsep ruang terbuka. Hal itu dilakukan, untuk meningkatkan minat baca para peserta didik di sekolah tersebut.

Perpustakaan yang diberi nama Rimba Baca ini, didirikan dengan konsep gasebo dan pondok. Untuk memberikan kenyamanan, kepada para siswa yang membaca di perpustakaan tersebut.

Kepala SDN 07 Ponjalae, Hasnaini mengatakan, jika dirinya berinisiatif mendirikan Rimba Baca ini, lantaran, sekolah yang dipimpinnya tersebut belum memiliki perpustakaan.

“Saat pertama kali saya disini, saya melihat belum ada perpustakaan, jadi saya berinisiatif untuk mendirikan perpustakaan yang nyaman untuk anak,” katanya, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (9/3/2020).

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika perpustakaan yang dibangun pada bulan November 2019 lalu, menyediakan sejumlah buku bacaan bagi para siswa, buku baik fiksi, non fiksi serta buku pelajaran bagi para siswa.

Dia menambahkanm, jika kedepannya, pihaknya juga akan melakukan penataan ruang kelas, untuk memberikan kenyamanan kepada siswa saat proses belajar mengajar.

“Kami juga akan membuat lomba antara kelas, yang hasil penilainya akan dilaksanakan pada bulan Desember dengan menghadirkan pihak Dinas Pendidikan sebagai tim juri agar hasil penilainnya benar-benar kompeten,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis mengatakan jika dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan SDN 07 Ponjalae tersebut.

Dia juga meminta kepada pihak sekolah, agar kedepannya bisa lebih membenahi serta melengkapi sejumlah fasilitas di perpustakaan tersebut.

“Diharapkan dengan adanya buku dan perpustakaan yang disiapkan oleh sdn ponjalae ini bisa memberikan kenyamanan bagi para siswa agar lebih senang, dan aktif dalam menambah ilmu pengetahuannya dengan membaca berbagai jenis buku bacaan,” katanya. (Jun/Sya)