Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan, SMKN 1 Palopo Gelar Workshop Perencanaan Berbasis Data

59
Salah satu implementasi pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan, SMKN 1 Palopo tahun 2022 ialah pelaksanaan workshop perencanaan berbasis data. (Foto : Dok. SMKN 1 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Salah satu implementasi pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan, SMKN 1 Palopo tahun 2022 ialah pelaksanaan workshop perencanaan berbasis data.

Tujuan dari workshop tersebut adalah memahami prinsip, tujuan dan metode perencanaan berbasis data, kerangka dan struktur profil pendidikan dan Indikator dalam profil Pendidikan.

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan kepala SMKN 1 Palopo Ridwan Rajab. Ia mengatakan dalam pelaksanaannya, workshop pendidikan seperti ini dapat digunakan sebagai pijakan untuk melakukan perencanaan berbasis data dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“Kita dapat menganalisis permasalahan dan menindaklanjutinya dengan mencari solusi untuk pemecahan masalah tersebut. Solusi tersebut nantinya akan dituangkan ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran,” katanya.

ADVERTISEMENT

Ia menambahkan inti dari workshop untuk melakukan evaluasi profil pendidikan berdasar kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas sekolah.

“Melalui workshop ini diharapkan semua perencanaan mampu berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” tandasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT