Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Ini yang Dilakukan KPU Palopo

86
Komisioner KPU Palopo divisi sosdikli dan SDM, Surahman. (Foto : Ayonk Darman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — KPU provinsi Sulawesi selatan melaksanakan training of trainer atau TOT bagi fasilitator pendidikan pemilih dan rumah pintar pemilu seri 1 untuk 12 Kabupaten dan Kota. Kegiatan ini berdasarkan surat KPU Sulsel nomor : 1569/PP.06-SD/2.2/2022 tanggal 26 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai 26 Juli 2022 hingga 29 Juli 2022 di hotel Agro Wisata Palopo.

ADVERTISEMENT

Adapun tujuan kegiatan tersebut yaitu, untuk meningkatkan partisipasi dan pendidikan pemilih dalam penyelenggara pemilu yang profesional, berintegritas, bermartabat, dan humanis.

Komisioner KPU Palopo divisi sosdikli dan SDM, Surahman mengatakan bahwa, TOT tersebut melibatkan fasilitator divisi farmasi dan sosdikli serta ketua yang nantinya akan menjadi fasilitator untuk kegiatan Desa dan Kelurahan peduli pemilu yang diselenggarakan KPU Sulsel.

ADVERTISEMENT

Surahman menambahkan, untuk KPU Palopo sendiri, dilaksanakan di kelurahan Battang dan Mancani.

KPU Palopo memilih Kelurahan Battang karena sebagai lokus untuk dinyatakan rawan bencana, sementara mancani merupakan kelurahan yang rawan konflik.

Untuk diketahui bahwa, tahun 2021 KPU Palopo melaksanakan kegiatan serupa di kelurahan Tomarundung dan kelurahan Salotellue.

Untuk itu, Kelurahan Tomarundung menjadi salah satu pilihan dilaksanakannya kegiatan tersebut, karena tingkat partisipasinya rendah, sementara di salotellue, tingkat partisipasinya tertinggi di kota Palopo.

Diharapkan dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan KPU ini, pemilu 2024 nantinya tingkat partisipasi pemilih khususnya di kota Palopo, meningkat. (yonk)

ADVERTISEMENT