Tingkatkan Pelayanan, RS ST Madyang Palopo Hadirkan Alat Kemoterapi dan Laser untuk Batu Ginjal

361
RS St Madyang Palopo hadirkan alat kemoterapi dan laser untuk batu ginjal. (Foto : Andri Sudirman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kabar gembira datang dari rumah Sakit (RS) St Madyang Palopo. Salah satu Rumah Sakit terbaik di Palopo itu terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Palopo.

Saat ini Rumah sakit ini telah memiliki alat kemoterapi untuk pengobatan kanker dan juga alat laser yang digunakan untuk mengatasi penyakit batu gintal.

ADVERTISEMENT

Direktur RS St Madyang, dokter Thamrin Jufri kepada Koran SeruYA mengungkapkan RS St Madyang mendatangkan alat ini dalam upayanya meningkatkan pelayanan yang selama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Ditambahkan Tahmrin Jufri, untuk alat yang disiapkan ini bukan menggunakan laser tapi gelombang kejutan melalui irisan kulit. Dimana dari luar alat ini menggunakan gelombang masuk kedalam sasaran batu yang ada disaluran pasien yang mengakibatkan batu ini akhirnya pecah dengan adanya gelombang dari alat itu.

ADVERTISEMENT

Proses pemacahan dilakukan secara bertahap dan batu ginjal ini akan keluar melalui urin pasien setelah buang air kecil.

Lebih lanjut dia juga menambahkan saat ini pihaknya juga telah bekerjasama dengan bpjs kesehatan dan untuk pelayanan tersebut. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan kerjasama dengan Bpjs kesehatan untuk memudahkan masyarakat Dalam mendapatkan pelayanan.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kepala Bidang penjamin Manfaat Rujukan Bpjs Kesehatan Cabang Palopo, Hilalluddin mengatakan dari Layanan ESWL yang disiapkan Rs St Madyang ini bpjs kesehatan palopo melihat kesiapan alat, aktivitas alat serta indikasi alat dalam melakukan pengaobatan.

Selain itu, dia juga menambahkan melihat pelayanan eswl, bpjs kesehatan juga mengunjungi pelayanan kemoterapi untuk melihat pelayanan tersebut untuk dilakukan penilaiam. Jika sudah direkomendasikan kedua pelayanan ini nanti akan dilakukan kerjasama dengan RS ini dan masyarakt JKN bisa menikmati pelayanan ini. (and)

ADVERTISEMENT