Wagub Sulsel Optimistis Luwu Utara Jadi Penyangga Pangan Nasional, Bendung Baliase Mampu Aliri 21 Ribu Ha Sawah

108

MASAMBA–Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Luwu Utara, Rabu (22/1/2020). Kunker ini dalam rangka meninjau salah satu proyek strategis nasional di Bumi La Maranginang, yaitu Bendung Baliase di Desa Baliase Kecamatan Masamba.

Wagub Andi Sudirman kagum melihat keindahan bendung yang mampu mengairi persawahan seluas 21.000 hektar tersebut. “Bendung Baliase ini luar biasa. Bisa mengairi persawahan seluas 21.000 hektar. Tentu Luwu Utara nantinya bisa menjadi penyangga pangan di Sulsel, bahkan nasional,” ujar Wagub Andi Sudirman.

Ia menyebut bendung ini sebagai ikon wisata baru di Lutra. Adik kandung eks Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini mengimbau warga agar mempermudah pembebasan lahan pembangunan jaringan irigasi. “Inikan masih proses pembangunan jaringan, kita harap warga ikhlas mempermudah pengurusan lahan yang akan dibebaskan,” katanya.

“Toh ini juga nanti menjadi kebaikan bagi semua, khususnya dalam menggerakkan roda perekonomian di Luwu Utara. Semoga semuanya berjalan lancar,” sambungnya. Dengan 21.000 ha sawah yang akan dialiri, lanjut dia, maka tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan hasil panen yang luar biasa untuk masyarakat itu sendiri.

“Tadi saya hitung kalau semua sawah yang akan dialiri ini serentak panen, dengan produksi rerata 3 – 5 ton per ha, maka hasilnya akan luar biasa. Ini untuk masyarakat, bukan korporasi,” tandasnya. Kunker Wagub kali ini juga dihadiri Wabup Luwu Syukur Bijak, Sekda Armiady, Kepala Bappeda Rusydi Rasyid, Kadis PUPR Suaib Mansur, Asisten III Eka Rusli, dan Camat Mappedeceng Kadri. (ZV/LH)