TK Al Hidayah Masamba Dapat Program Sekolah Penggerak, Hanya 6 Sekolah di Luwu Utara

65
TK Al-Hidayah dapat predikat sekolah penggerak. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Al Hidayah Masamba Kabupaten Luwu Utara diberi amanah oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Luwu Utara, dari enam TK yang juga mendapatkan kesempatan sebagai pelaksana PSP di Luwu Utara.

Hal ini diungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Luwu Utara, Zaenal Wahab, saat membuka kegiatan Perumusan Visi – Misi TK Al Hidayah Masamba tentang Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan II Tahun 2022 di TK tersebut, Kamis (7/7/2022), di Ruang Pertemuan TK Al Hidayah, Masamba.

ADVERTISEMENT

Selain TK Al Hidayah Masamba, beberapa TK lainnya juga mendapat PSP, di antaranya adalah TK Pembina Sabbang, dan TK Pembina Tanalili serta TK Aisyah Masamba. “TK Al Hidayah Masamba diberi amanah sebagai Sekolah Penggerak, dan hanya ada enam Kepala Sekolah TK yang mendapatkan program ini,” ungkap Zaenal.

Ia mengatakan, sebagai bentuk apresiasi Kemendikbud Ristek, sekaligus untuk menunjang kelancaran Program Sekolah Penggerak di TK Al Hidayah Masamba, maka TK Al Hidayah diberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Kinerja sebesar Rp 60 Juta.

ADVERTISEMENT

“Dana BOP Kinerja ini adalah program dari Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi pelaksana Program Sekolah Penggerak pada TK, sekaligus sebagai bentuk apresiasi dari Kemendikbud Ristek terhadap pelaksana PSP,” jelas Zaenal.

Dana tersebut, kata dia, nantinya akan digunakan untuk merancang Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah pelaksana PSP, serta untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru yang ada di sekolah sekolah pelaksana PSP.

“Kita berharap kepala sekolah TK dan guru yang diberi amanah sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak, harus bisa melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan lainnya yang ada di Kabupaten Luwu Utara,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap agar program sekolah penggerak ini dapat juga menyentuh sekolah lainnya di Luwu Utara. “Harapan kita adalah semua sekolah di Luwu Utara bisa mendapatkan Program Sekolah Penggerak, tetapi ini sangat ditentukan oleh kompetensi kepala sekolah dan guru di sekolah tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Selain Sekretaris Disdikbud Zaenal Wahab, kegiatan Perumusan Visi – Misi Program Sekolah Penggerak (PSP) di Sekolah TK Al Hidayah Masamba, ini juga dihadiri Koordinator Bidang Wilayah Kecamatan Masamba Nurhadin, Kepala Sekolah TK Al Hidayah Wahyuni Hamarong, serta para Guru TK Al Hidayah lainnya. (LH)

ADVERTISEMENT