Tol Info Bakal Sempurnakan Layanan MPP Palopo

580
DPMPTSP Palopo saat menggelar bincang teknologi di cafe D'Sky terkait Tol Info.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Palopo terus berinovasi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Setelah sukses menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Sulsel beberapa waktu yang lalu, akan ada layanan tambahan. Di MPP hampir semua pelayanan publik sudah tersedia. Mulai dari perizinan, pembayaran rekening air, PLN, perbankan, paspor dan lainnya.

Nantinya MPP akan disokong oleh layanan Tombol Online Informasi (Tol Info). Sistem pelayanan informasi berbasis web ini diharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait layanan publik yang ada di MPP Palopo.

“Setelah MPP terbentuk, ternyata masih ada kekurangan. Kekurangan inilah yang coba kita carikan inovasi dan solusinya,” kata Kabid Informasi, Pengaduan dan Pelayanan Terpadu, Syam Sain saat menggelar bincang teknologi Senin (9/9/2019) di D’Sky Cafe.

ADVERTISEMENT

Syam membeberkan sejumlah kekurangan pasca terbentuknya MPP. Yang pertama, masyarakat harus datang langsung ke lokasi MPP untuk mendapatkan informasi. Kedua, jumlah masyarakat yang datang megurus ke MPP makin banyak. Ketiga, tersedia banyak layanan namun  sistem informasinya belum terintegrasi. Keempat, keterbatasan data dan informasi pada website resmi masing-masing instansi.

Kemudian penggunaan teknologi informasi belum optimal hingga pemohon banyak mengeluarkan biaya untuk datang ke MPP hanya sekadar untuk mencari informasi.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Kehadiran Tol informasi inilah nantinya yang diharap akan menjawab semua kekurangan ini,” sebut Syam dihadapan perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi IT, pelajar, masyarakat dan perwakilan media.

Tujuan pelaksanaan bincang teknologi lanjut Syam untuk menjaring aspirasi, masukan-masukan dan informasi dari berbagai pihak terkait guna terwujudnya sebuah sistem yang benar-benar kompatibel.

“Kita ingin menyamakan persepsi berbagai pihak terkait sistem pelayanan informasi berbasis web melelui aplikasi “TOLINFO” pada mal pelayanan publik kota Palopo,” kata Syam.

Di MPP Palopo telah tergabung 14 instansi pemerintah kota Palopo, 2 instansi pemprov Sulsel, 6 dari kementerian atau lembaga, 1 BUMN, 1 BUMD dan satu perbankan.

“Kita ingin semua instansi ini bisa terintegrasi melalui Tol Info. Masyarakat sisa memencet tombol di layar yang akan kita sediakan, semua informasi sudah ada di situ. Termasuk yang dirumah bisa mengaksesnya melalui website,” jelas Syam. “Kita upayakan bulan ini, layanan tersebut sudah bisa di akses masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala DPMPTSP, Muslimin Hasyim dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya terus dituntut untuk terus memberikan inovasi kepada masyarakat.

“Karena kami adalah pelayan publik, maka kami dituntut untuk terus berinovasi,” kata Muslimin didampingi Kepala Bidang Promosi, Data dan Penanaman Modal DPMPTSP Palopo, Muh Syafaat Masri.

Ke depan, ia berharap Tol Info ini bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat. “Kita ingin, nantinya tol info ini bisa diunduh di playstore. Sehingga masyarakat yang datang ke MPP, sudah tahu apa yang mereka harus siapkan,” harap Muslimin. (asm)

ADVERTISEMENT