Tradisi Jelang Ramadan di Palopo, Makam Diserbu Peziarah

146
TPU Salobulo ramai didatangi para peziarah menjelang Ramadan. (Foto : Andri Sudirman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Tak terasa ummat Muslim akan memasuki Bulan Ramadan. Banyak tradisi yang dilakukan masyarakat sebelum memasuki bulan penuh berkah itu.

Salah satunya ziara kubur. Warga dari berbagai tempat di Palopo melakukan tradisi ziarah kubur dengan mendatangi berbagai tempat pemakaman umum menjelang Ramadan.

ADVERTISEMENT

Masyarakat berbondong-bondong mendatangi makam keluarga dan kerabat mereka. Banyak yang mereka lakukan. Selain mendoakan keselamatan keluarganya, mereka juga membersihkan kubur kerabatnya tersebut.

Seperti yang terlihat di Pemakaman Umum Salobulo, Kota Palopo. Setiap menjelang Ramadan, banyak warga mendatangi pemakaman umum tersebut.

ADVERTISEMENT

Bahkan, dibandingkan dengan tahun kemarin, kedatangan para peziarah ke TPU Salubulo mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan situasi dampak pandemi COVID-19 tahun ini yang sudah mulai normal.

Salah satu peziarah, Saskia, warga perumnas, saat ditemui di makam keluarganya, mengaku selalu berziarah ke TPU setempat menjelang Ramadhan adalah bagian dari mengobati rasa rindu. Apalagi jika orang tersebut adalah sosok yang paling berarti dalam hidup.

Situasi ramainya TPU saat menjelang Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Mereka menjajakan air serta bunga untuk para peziarah.

Selain itu, untuk mencegah semrawutnya parkir lantaran banyak peziarah, warga sekitar juga berinisiatif menjadi tukang parkir. Mereka menjaga dan menyusun motor yang diparkir agar lebih tertib. (and/liq)

ADVERTISEMENT