Tuan Rumah Lokakarya Apeksi Wilayah VI, 17 Walikota Akan Kumpul di Palopo

174
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kota Palopo ditunjuk menjadi tuan rumah lokakarya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah VI. Kegiatan ini akan digelar selama dua hari yakni pada Rabu hingga Kamis (13-14 September 2023). Apeksi wilayah VI ini beranggotakan 17 kota. Antara lain, Palopo, Parepare, Makassar, Palu, Papua, Ambon dan sejumlah kota lainnya di Indonesia bagian timur.

Walikota dari daerah tersebut sudah menyatakan kehadirannya di Kota Palopo. ” Ini menjadi kebanggaan kita warga Kota Palopo. Untuk pertama kalinya ditunjuk sebagai tuan rumah lokakarya Apeksi Wilayah VI,” kata ketua Panitia Apeksi Wilayah IV, Firmansyah DP.

ADVERTISEMENT

Firmansyah yang juga Sekretaris Kota Palopo ini berharap warga Kota Palopo menjadi tuan rumah yang baik. ” Mari kita menunjukkan jati diri sebagai Wija To Luwu. Menghargai dan melayani tamu dengan baik,” katanya. Penunjukkan kota Palopo sebagai tuan rumah kata dia akan membawa manfaat bagi masyarakat. Terutama di bidang perhotelan. Para tamu akan menginap di sejumlah hotel. Pelaku UMKM juga akan kecipratan rezeki. Tamu yang datang tentu akan membeli oleh-oleh khas Palopo saat pulang.

” Yang terpenting adalah Kota Palopo akan dikenal di luar daerah. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini,” tandasnya. Ketua Umum Apeksi, Arya Bima yang juga Walikota Bogor juga dijadwalkan hadir untuk mengikuti acara ini.

ADVERTISEMENT

Lokakarya nantinya akan mengangkat tema ‘ Kolaborasi dan Sinergi Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam Percepatan Transformasi Kesehatan’. Pematerinya berasal dari Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI. Kota Palopo ditunjuk sebagai tuan rumah lokakarya Apeksi wilayah VI lantaran sudah meraih beberapa kali predikat sebagai Kota Sehat.

Kota sehat diraih pada tahun 2017, 2021 dengan predikat Swastisaba. Terakhir pada Maret 2023, kota Palopo meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023 itu. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang telah mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta.
Sesuai dengan rundown acara, peserta akan tiba di Kota Palopo melalui Bandara Bua, pada Rabu pagi.

Kemudian peserta akan diantar ke tempat menginap masing-masing. Pada malam hari akan digelar gala dinner dan pembukaan acara di rumah jabatan Walikota Palopo, Saokotae. Pada pembukaan, akan ada sambutan selamat datang dari Walikota Palopo, HM Judas Amir, sambutan Ketua Apeksi Komisariat Wilayah VI, Ali Ibrahim yang juga Walikota Tidore Kepulauan serta sambutan dari Ketua Dewan Apeksi, Bima Arya. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi soal kesehatan.

Kemudian pada hari kedua, akan digelar Sharing Session di ruang pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo. Walikota Judas Amir akan memaparkan Potret Pelayanan Kesehatan Pemerintah Kota bagi Masyarakat Palopo. Sesi kedua menghadirkan Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang akan membawakan materi ‘Melayani Kesehatan Masyarakat dengan Dua Pilar yakni Swasti Saba Wistara dan UHC Award 2023.

Setelah istirahat, rombongan walikota tersebut akan dibawa berkunjung ke Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo. Terakhir, dilakukan city tour untuk mengunjungi sejumlah objek wisata dan tempat-tempat bersejarah di Kota Palopo. Informasi yang dihimpun menyebut, sejauh ini seluruh anggota Apeksi Wilayah VI sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir di Kota Palopo. ” Mereka sudah mengkonfirmasi Walikotanya akan hadir di Kota Palopo,” kata salah satu panitia. (*)

ADVERTISEMENT