Tumbuhkan Minat Baca, Siswa SMPN 6 Palopo Membaca 10 Menit Sebelum Belajar

67
Perpustakaan SMPN 6 Palopo menciptakan budaya gemar membaca bagi siswa. Seperti menerapkan kebiasaan membaca 5 hingga 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Perpustakaan SMPN 6 Palopo menciptakan budaya gemar membaca bagi siswa. Seperti menerapkan kebiasaan membaca 5 hingga 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Kebiasaan membaca 5 menit ini merupakan program sekolah yang mengajak para siswa untuk mencintai buku dan menumbuhkan literasi siswa.

ADVERTISEMENT

Termasuk saat istirahat siang. Sebagian siswa SMPN 6 Palopo lebih memilih membaca buku di perpustakaan daripada jajan di kantin.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 6 Palopo, Bahrum Satria melalui Marhani bagian pengelolaan perpustakaan. Ia mengatakan waktu istirahat sebagian siswa memilih menghabiskan waktu mereka di perpustakaan.

ADVERTISEMENT

“Sistem pelayanannya manual di mulai pagi hingga waktu pulang sekolah. Kami selalu berupaya memperbaiki layanan agar siswa betah di perpustakaan,” katanya.

Menurutnya, minat baca siswa itu harus terus berkembangkan. Salah satu caranya memberikan sosialisasi kepada guru-guru pengajaran agar kiranya setelah jam istirahat siswa diarahkan ke perpustakaan untuk membaca.

“Karena dengan membaca kita bisa kenal dunia dengan menulis kita bisa dikenal oleh dunia. Sehingga motivasi seperti inilah yang kami sampaikan kepada perserta didik, bahkan kami juga memberikan layanan untuk guru-guru yang mengunjungi perpustakaan,” jelasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT