Ujicoba Berjalan Lancar, PT BMS Target Produksi Massal Nikel Bulan April 2024

2138
Site Project Manager PT. BMS Zulkarnain berfoto bersama Pj Bupati Luwu, Muh Saleh dan rombongan, Rabu (17/4/2024)
ADVERTISEMENT

PALOPO–PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, telah beroperasi bulan April 2024. Perusahaan smelter milik HM Jusuf Kalla (JK) ini telah mengadakan tapping metal perdana FerroNickel FeNi 1 sebelum lebaran lalu.

Beroperasinya PT BMS di Luwu ini menjadi salah satu sejarah di Kabupaten Luwu melalui smelter karya anak bangsa dan dioperasikan oleh anak bangsa, melakukan tapping perdana dan menjadi produk FerroNickel pertama di Kabupaten Luwu.

ADVERTISEMENT

Site Project Manager PT. BMS Zulkarnain mengakui jika PT BMS akan beroperasi dalam bulan April 2024. Dia juga mengaku bersyukur karena tapping metal perdana FerroNickel FeNi 1 berjalan lancar tanpa kendala.

“Kami sudah lakukan uji coba, kami kejar bulan ini harus sudah produksi massal,” terang Zulkarnain, saat menerima rombongan Pj Bupati Luwu, Muh Saleh, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENT

Pj Bupati Luwu bersama sejumlah pejabat teras Pemkab Luwu mengadakan kunjungan kerja ke PT BMS untuk memantau langsung kesiapan PT BMS beroperasi bulan ini.

Di hadapan Pj Bupati Luwu dan rombongan, Zulkarnain menjelaskan, bahwa pembangunan smelter pabrik 1 telah rampung 100%, dan saat ini pihkanya tengah membangun pabrik 2 uang telah mencapai 40%. “Pabrik 2 ini diharapkan selesai tahun ini,” katanya.

PJ BUPATI LUWU

Penjabat (Pj) Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) yang berada di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua, Rabu (17/04/2024).

Muh. Saleh mengapresiasi PT. BMS yang telah berinvestasi di Kabupaten Luwu dan sangat diharapkan dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Dampak sosial yang diharapkan PT. BMS dapat memaksimalkan potensi yang ada di Kabupaten Luwu, dalam artian sumber daya manusia yang direkrut merupakan tenaga kerja lokal sehingga dapat menurunkan angka pengangguran,” ungkap Muh. Saleh.

Ia menuturkan kehadiran PT BMS diharapkan dapat memberi dampak ekonomi kepada masyarakat melalui berbagai sektor baik terlibat langsung sebagai tenaga kerja maupun secara tidak langsung melalui UMKM.

Selain itu, Pj. Bupati Luwu juga mengharapkan dapat meningkatan pola kerjasama antara Pemerintah daerah dengan PT. BMS dari sejumlah sektor.

Diketahui, PT BMS dalam bulan April 2024 ini telah beroperasi, dimana perusahaan tersebut telah mengadakan tapping metal perdana FerroNickel FeNi 1. Tentu saja hal ini menjadi salah satu sejarah di Kabupaten Luwu melalui smelter karya anak bangsa dan dioperasikan oleh anak bangsa, melakukan tapping perdana dan menjadi produk FerroNickel pertama di Kabupaten Luwu.

Diketahui, Turut mendampingi Pj Bupati Luwu Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H. Sulaiman, M.M, Kepala Bappelitbangda Moh. Arsal Arsyad, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Albaruddin, Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Andi Darmawangsa, Kadis Pendididikan Andi Palanggi, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Muh. Rudi, dan Camat Bua Muh. Satti. (***)

ADVERTISEMENT