UMB Palopo Siapkan Beasiswa Bagi WTL Kuliah Kedokteran di UMB Palopo Sampai Selesai, Ini Syaratnya

215
ADVERTISEMENT

* Gelar Buka Bersama Dihadiri Seribuan Undangan

PALOPO–Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo menyiapkan beasiswa bagi Wija To Luwu (WTL) yang menghafal Al Qur’an 30 Juz untuk kuliah sampai selesai di Fakultas Kedokteran Univesitas Mega Buana Palopo.

ADVERTISEMENT

Demikian disampaikan Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof Dr Hj Nilawati Uly S.Si Apt M.Kes CIPA, saat kegiatan buka bersama Universitas Mega Buana (UMB) Palopo yang berlangsung meriah di Kampus 2 UMB Palopo, Gedung Fakultas Kedokteran, Sabtu 23 Maret 2024.

“Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo telah menyiapkan beasiswa kepada Wija to Luwu khususnya para tahfidz Qur’an atau penghafal Al-Qur’an untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran UMB Palopo sampai selesai,” ujarnya disambut aplaus.

ADVERTISEMENT

Prof Nilawati menuturkan sejumlah alasan beasiswa yang dinilai spesial tersebut diberikan. Menurutnya, ini sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian Yayasan Pendidikan Mega Buana terhadap pendidikan dan kesehatan khususnya di Kota Palopo “Karena kami berharap dari Wija To Luwu ini banyak yang menjadi dokter yang saat ini sangat dibutuhkan. “In shaa Allah Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo akan memberikan beasiswa setiap tahunnya khusus untuk wija to luwu penghafal Al Quran,” katanya.

Diketahui Fakultas Kedokteran UMB Palopo dengan dua program studi, yakni S1 Kedokteran dan Profesi Dokter telah menerima mahasiswa baru angkatan pertama sebanyak 50 orang yang proses penerimaannya dibagi dalam dua tahap, yakni Batch 1 Tanggal 12 Maret s.d 3 Mei 2024 serta Batch 2 Tanggal 3 Mei s.d 6 Juli 2024.

Fakultas Kedokteran pertama diluar Kota Makassar ini telah diperkenalkan secara luas oleh pihak UMB. Pada Sabtu lalu, 23 Maret 2024, dan dikenalkan secara lebih dekat dengan pemangku kepentingan melalui acara buka bersama dalam rangka Syukuran Pembukaan Fakultas tersebut di Kampus 2, Gedung Fakultas Kedokteran UMB Palopo.

Kegiatan tersebut berlangsung ramai yang kurang lebuh dihadiri 1000 undangan. Sejumlah kegiatan juga mewarnai pelaksanaan tersebut, diantaranya, Live Streaming Talkshow Podcast Lebih Dekat Fakultas Kedokteran UMB Palopo, Pemberian Tips masuk Fakultas Kedokteran, Penandatanganan MoU dengan Sejumlah Kepala Sekolah se-Kota Palopo, pemberian bantuan rumah ibadah, panti asuhan dan sebagainya.

Hadir Kedatuan Luwu, Pemerintah Kota Palopo, hadir, Sekkot Palopo, Drs Firmanza, Forkopimda diantaran yakni Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin, SH., SIK., MH serta Ketua Pengadilan Agama Kota Palopo, Tommi, S.H.I, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman,M.Si, Ketua Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir Said, SP, MM.

Hadir juga Kepala UPT Dinas Pendidikan Cabang Palopo, Kepala Sekolah se-Kota Palopo, Pimpinan Perbankan diantaranya BNI Cabang Palopo, BRI Cabang Palopo, Ketua IDI, Ketua PDGI, Ketua IBI, PPNI, Persakmi, Direktur Rumah Sakit Sawerigading, Direktur RS. Mega Buana Palopo, sejumlah dosen Fakultas Kedokteran UMB Palopo, para siswa peminat Fakultas Kedokteran se-Kota Palopo dan seluruh civitas akademika UMB.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi, bahkan memuji kiprah UMB Palopo.

“UMB Palopo ini adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di wilayah Sulawesi, tentunya dengan diberikannya izin operasional Fakultas Kekdokteran ini hal yang wajar, karena memang fasilitasnya sangat lengkap, utamanya laboratoriumnya,”katanya.

Bahkan ia menyebutkan UMB Palopo adalah merupakan perguruan tinggi kebanggaan di Luwu Raya. “Kini warga Palopo dan Luwu Raya tidak perlu jauh-jauh lagi kuliah ke luar daerah karena di Palopo sudah ada perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran dan sarana prasarana pembelajaran maupun sarana laboratorium terlengkap,” jelasnya

Senada dengan itu, Sekretaris Kota Palopo, Drs Firmanza juga dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada UMB Palopo yang lebih cepat dan menjadi yang pertama hadir di luar Kota Makassar, di jazirah utara Sulawesi Selatan, menghadirkan Fakultas Kedokteran.

Adanya hal itu akan banyak peminat kedokteran dari luar daerah yang akan masuk nantinya. Tentu dengan adanya hal itu juga semakin mempertegas Kota Palopo sebagai kota tujuan pendidikan.

“Pemerintah Kota Palopo sangat mengapresiasi pembukaan fakultas kedokteran UMB Palopo ini, tentunya pemerintan akan senantiasa mendukung pelaksanaan pendidikan di UMB Palopo,” jelasnya.(*)

 

 

ADVERTISEMENT