UNCP Latih Guru SMKN 2 Palopo Manfaatkan Teknologi AI

69
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dalam era kemajuan teknologi, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) semakin menjadi fokus pengembangan.

Dengan tujuan membantu para guru dalam memanfaatkan AI untuk mendukung pengembangan keterampilan, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNCP menggelar pelatihan di Gedung Aula SMKN 2 Palopo pada Sabtu (13/1/2024).

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo melaksanakan program pengabdian masyarakat melalui PKM dengan tema “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Mendukung Pengembangan Keterampilan Guru untuk Guru-guru UPT SMK Negeri 2 Palopo.”

Ketua TIM PKM Pemanfaatan AI Dalam Mendukung Pengembangan Keterampilan Guru UPT SMKN 2 Palopo, Safwan Kasma, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru-guru SMKN 2 Palopo menghadapi tantangan era digitalisasi.

ADVERTISEMENT

“Pelatihan ini melibatkan penggunaan AI sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru untuk memanfaatkan teknologi AI dalam pendidikan. Kami ingin menggali potensi belajar mengajar dengan Teknologi Artificial Intelligence,” ungkap Safwan.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara memanfaatkan platform AI sebagai media dalam proses belajar mengajar. Kegiatan dilaksanakan secara interaktif dengan melibatkan sesi praktik, memungkinkan peserta untuk mencoba aplikasi-aplikasi AI yang sudah tersedia dan diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar AI.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Suhardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa meskipun teknologi AI berkembang pesat, guru tidak perlu khawatir bahwa pekerjaan mereka akan tergantikan.

“Mesin tidak akan sama dengan manusia karena mesin mengikuti perintah, sedangkan manusia dilengkapi dengan akal yang tidak sepenuhnya akan menuruti perintah. Kecerdasan buatan ini hadir untuk membantu dan memudahkan, bukan untuk menggantikan peran guru,” tegas Suhardi.

Kepala SMKN 2 Palopo, Hakim, menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelatihan ini.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak UNCP yang telah membantu kami dalam pelatihan pemanfaatan teknologi AI,” ujarnya.

“Kami berharap pelatihan ini tidak berhenti pada hari ini saja, semoga kedepannya kami bisa mendapatkan pelatihan serupa untuk meningkatkan kemajuan pendidikan dan kualitas guru di sekolah kami,” harapnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 87 guru SMKN 2 Palopo dan melibatkan tim pengabdian yang terdiri dari 8 dosen Fakultas Teknik Komputer serta 4 mahasiswa. Kegiatan ini terbagi menjadi 3 tahap, yakni persiapan, pelatihan, dan evaluasi.

Dalam tahap persiapan, tim berkomunikasi dengan sekolah mitra, menentukan kebutuhan, dan menerima daftar peserta. Pelaksanaan kegiatan melibatkan penyampaian materi AI oleh dosen Fakultas Teknik Komputer UNCP. (Ian)

ADVERTISEMENT