UNCP Palopo Ukir Sejarah, PT Pertama yang Gelar KKN Tematik di Rampi

152
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA–Sepanjang sejarah, baru Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) satu-satunya perguruan tinggi yang telah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kecamatan Rampi, sebuah daerah paling terpencil di Kabupaten Luwu Utara.

Pencapaian ini tergolong luar biasa, mengingat wilayah Rampi yang saat ini masih terisolir lantaran transportasi via darat menuju ke daerah itu sangat berat dilalui kendaraan.

ADVERTISEMENT

Satu-satunya akses transportasi yang praktis, hanya dengan menumpang pesawat udara. Alasan ini yang membuat perguruan tinggi tak melirik Rampi sebagai objek pelaksanaan KKN/KKNT.

Mahasiswa KKNT UNCP Posko Rampi yang dipimpin Hans Gerosi, mengungkapkan KKNT yang ia laksanakan berlangsung dari tanggal 15 Februari dan berakhir 14 Maret 2021 lalu.

ADVERTISEMENT

Hampir satu bulan lamanya, mahasiswa KKNT UNCP berbaur dan berkolaborasi bersama seluruh elemen masyarakat di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian ke masyarakat.

Hebatnya, kehadiran mahasiswa KKNT UNCP, respons dengan baik masyarakat Rampi. Pemerintah kecamatan dan tokoh adat di sana sangat mengapresiasi KKNT mahasiswa UNCP di tanah Rampi.Camat Rampi, Suryadi SIp MM, di acara penarikan mahasiswa KKNT UNCP, sangat berterima kasih atas perhatian UNCP yang memilih Rampi sebagai salah-satu tempat penyelenggaraan KKNT-nya.

ADVERTISEMENT

Adalah sebuah penghargaan bagi pemerintah/masyarakat Rampi atas kepedulian UNCP menggelar KKNT. Ia berharap, UNCP ke depan tetap menjadikan Rampi lokasi program KKNT mahasiswanya.

“Adik-adik mahasiswa KKNT UNCP telah membantu mengedukasi masyarakat, kami sangat merasakan manfaat kehadiran mereka di sini,” ucap tokoh adat Rampi, Yosua Tapu.

(*)

ADVERTISEMENT