UNCP Raih Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya & Tana Toraja Versi Webometrics 2024

41
ADVERTISEMENT

PALOPO–Universitas Cokroaminoto Palopo(UNCP) sukses menjadi kampus nomor satu terbaik di Luwu Raya dan Tana Toraja versi webometrics 2024 ,Sabtu (18/5/2024).UNCP menempati posisi keempat Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sulawesi Selatan, sekaligus menjadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di luar Kota Makassar.

Rektor UNCP Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. memberikan apresiasi terhadap perolehan peringkat yang dirilis webometrics, yang diraih berkat dukungan seluruh civitas akademika UNCP.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah UNCP menempati posisi pertama Perguruan Tinggi terbaik di Luwu Raya dan Tana Toraja, peningkatan peringkat ini tentunya membutuhkan bantuan dan dukungan dari seluruh civitas akademika dalam meningkatkan kinerja kampus kuning,” kata Rahman.

“Prestasi ini juga membuktikan bahwa kami menjadi Perguruan Tinggi yang tidak hanya aktif dalam mempublikasi hasil penelitian, tetapi juga berhasil memberikan dampak signifikan melalui karya yang kami hasilkan,”ujarnya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa UNCP membuktikan diri sebagai sebuah institusi yang berkomitmen terhadap penerapan dan diseminasi penelitian kepada masyarakat.Hal Ini tercermin dari berbagai program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Untuk di ketahui Webometrics merupakan sistem peringkat yang mengukur kinerja perguruan tinggi berdasarkan kehadiran dan dampak website, dengan 3 kriteria penilaian.
Pertama aspek visibilitas yaitu jumlah situs eksternal yang menghubungkan ke halaman website universitas, kedua transparansi/keunggulan yaitu jumlah kutipan dari penelitian), dan terahkir keunggulan akademik.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan 3 kriteria itu, UNCP memperoleh peringkat 7963 dunia, dengan nilai impact(dampak) diposisi 9942, openness(keterbukaan)diurutan 4196, dan nilai excellence (keunggulan)peringkat 7223.(*)

ADVERTISEMENT