Upacara Hardiknas 2022, Seluruh ASN Luwu Utara Kenakan Batik Rongkong

30
upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 di Kabupaten Luwu Utara, Jumat (13/5/2022).
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Ada yang menarik pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 di Kabupaten Luwu Utara, Jumat (13/5/2022).

Peserta upacara yang didominasi Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut kompak mengenakan pakaian motif batik Rongkong, dengan berbagai warna yang begitu indah.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang hadir sebagai inspektur atau pembina upacara Hardiknas juga tampak mengenakan batik Rongkong dengan corak warna cokelat.

Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengatakan bahwa Hardiknas selalu berbicara tentang situasi, kondisi, dan arah pendidikan Indonesia saat ini.

ADVERTISEMENT

“Sebagaimana yang kita rasakan bahwa era pendidikan sudah bergerak menuju arah kemerdekaan belajar, di mana pembelajaran didesak untuk lebih akrab dengan teknologi untuk mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai kebutuhan zaman,” kata Indah.

Dikatakannya, jika dulu pembelajaran fokus pada pencapaian kompetensi, penguasaan materi dan ketuntasan kurikulum, maka di era Merdeka Belajar, arah pembelajaran bergeser pada pemenuhan kebutuhan siswa demi kemudahan penggapaian cita-cita.

Lanjut Indah mengatakan, generasi muda harus memiliki peran besar untuk mewujudkan kemerdekaan belajar. Bukan hanya sekadar pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan, tetapi juga penguasaan kompetensi dan literasi digital.

“Kita adalah bangsa kuat, bangsa yang pantang menyerah, bangsa yang terus ingin tumbuh dan belajar, sehingga peran generasi muda sangat penting dalam berkontribusi mewujudkan kemerdekaan belajar,” tandasnya.

Untuk diketahui, Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei. Namun, peringatan Hardiknas tahun ini ditunda menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idulfitri. Adapun tema Hardiknas tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. (LH)

ADVERTISEMENT