Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Sekda Palopo : Pahami Esensi Sejarah, Jangan Dimaknai Sebagai Ceremonial

75
Sekda Palopo, Firmanza DP bertindak sebagai pembina upacara Hari Kebangkitan Nasional. (Foto : Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-114 di Halaman Kantor Walikota Palopo, Jumat 20 Mei 2022. Upacara itu bertema “Ayo Bangkit Bersama”. Hari kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei.

Pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Sekretaris Daerah Kota Palopo Firmanza DP bertindak sebagai Pembina Upacara. Firmanza juga membacakan sambutan seragam Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

“Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak hanya dimaknai sebagai ceremonial saja guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional. Mari kita sejenak tela’ah sisi historis di balik Peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” ujar Firman saat membaca sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia Di masa itu. Terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

ADVERTISEMENT

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ujarnya.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pada Upacara tersebut dihadiri Kasdim 1403 Palopo Mayor Kav Suparman Para Asisten, Para Staf Ahli Walikota, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, serta Para Kepala Bagian Setda Kota Palopo. (rls)

ADVERTISEMENT