Upaya Deteksi Dini dari Penyakit untuk Siswa, SDN 30 Mattirowalie Palopo Lakukan Penjaringan Kesehatan

49
SDN 30 Mattirowalie berkerjasama dengan Puskesmas Benteng dalam Penjaringan kesehatan, Selasa (4/10/2022). (Foto : Dok. SDN 30 Mattirowalie)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 30 Mattirowalie berkerjasama dengan Puskesmas Benteng dalam Penjaringan kesehatan, Selasa (4/10/2022).

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

ADVERTISEMENT

Suleha Sayang, Kordinator dari Puskesmas Benteng menyampaikan Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD.

“Meliputi Pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku) pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dan tekanan darah serta jiwa,” katanya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kepala SDN 30 Mattirowalie Mursalim menyatakan pentingnya hidup sehat dilingkungan sekolah khususnya dunia pendidikan.

“Upaya pencegahan yang kami lakukan untuk siswa ialah menganjurkan kepada seluruh siswa bahkan guru untuk membuat pada tempat yang telah disediakan, menyampaikan pada siswa untuk selalu cuci tangan dengan sabun, melakukan pembersihan got, di anjurkan siswa jangan makan sembarang dan bekerja sama dengan Puskesmas untuk pemeriksaan seperti yang dilakukan sekarang,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT