Upaya Hindari Calo Seleksi CPNS 2021, BKPSDM Palopo Gunakan Sistem Pengenalan Sidik Jari

335
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

PALOPO–Badan Kepegawaian Perberdayaan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo, telah 100 persen siap untuk melaksanakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Hingga saat ini, daerah masih menunggu jadwal resmi penerimaan CPNS 2021 yang akan diadakan bersamaan penerimaan PPPK 2021.

Kepala BKPSDM Kota Palolo, Farid Kasim Judas, melalui Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Palopo, Hamka, mengatakan,
pengumuman penerimaan pendaftaran CPNS tinggal menghitung hari.

ADVERTISEMENT

“Mungkin akhir Juni atau awal Juli sudah ada kepastian pengumuman dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” tuturnya.

Hal itu diungkapkan bukan tanpa alasan, menurut Hamka pihak BKPSDM Kota Palopo telah memenuhi panggilan untuk melakukan pertemuan bersama Admin se BKN regional 4 pada Kamis, 24 Juni, di Makassar.

ADVERTISEMENT

“Setalah pertemuan tersebut, kemungkinan sudah ada kepastian kapan pengumuman pendaftaran mulai dibuka,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, kemungkinan perubahan formasi tidak akan ada, terkecuali bagi penyandang disabilitas sebanyak 2 persen dari kuota yang diterima.

ADVERTISEMENT

“Tidak ada perubahan formasi, sebagaimana yang telah di informasikan sebelumnya, kecuali formasi khusu penyandang disabilitas itu pun kalau memungkinkan ada formasi yang cocok,” jelasnya.

Menanggapi kemungkinan adanya penggunaan jasa Calo, dikatakan Hamka, Kota Palopo menyiapkan sistem pengenalan sidik jari, guna mengantisipasi hal tersebut.

“Seperti yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya, jadi apabila ada pendaftar yang sidik jarinya berbeda pada saat tes CPNS berlangsung, maka dengan tegas akan kami diskualifikasi. Dan Kota Palopo, satu-satunya yang melakukan itu pada CPNS 2019,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada para calon pendaftar agar tidak sama sekali berfikir untuk melakukan hal tersebut. “Insyaallah Allah tidak ada cela untuk Calo masuk,” kuncinya. (Har)

ADVERTISEMENT