Upaya Pencegahan dan Penurunan, Bappeda Palopo Lakukan Rembuk Stunting di Enam Kecamatan

75
Bappeda Palopo, selaku Wakil Ketua Tim pelaksana percepatan penurunan stunting aktif melaksanakan Rembuk Stunting di lokasi fokus (Lokus) di enam Kecamatan yang ada di Kota Palopo. Enam Kecamatan itu adalah Wara Selatan, Wara Barat, Wara Utara, Bara dan Telluwanua. (Dok. Bappeda Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Bappeda Palopo, selaku Wakil Ketua Tim pelaksana percepatan penurunan stunting aktif melaksanakan Rembuk Stunting di lokasi fokus (Lokus) di enam Kecamatan yang ada di Kota Palopo. Enam Kecamatan itu adalah Wara Selatan, Wara Barat, Wara Utara, Bara dan Telluwanua.

Tim percepatan penurunan stunting Kota Palopo, telah melaksanakan rembuk stunting di setiap Kecamatan sejak tanggal 23 hingga 25 Februari 2022, dan masih akan dilanjutkan di bulan Maret 2022.

Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi, Sosial Pemerintahan umum Bambang Sukmanto, mengatakan rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan Pemerintah Kota Palopo untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggung jawab dalam hal ini.

“Percepatan penurunan stunting memerlukan intervensi spesifik, intervensi sensitif dan dukungan teknis yang dilaksanakan secara holistik, integratif serta berkualitas melalui koordinasi dan sinergi antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait,” katanya, Jumat (4/2/2022).

ADVERTISEMENT

Selain itu, dia menyebut berdasarkan surat keputusan menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor Kep.10/M.PPN/HK/02/2021. tentang penetapan perluasan Kabupaten/Kota lokus Intervensi Penurunan stunting terintegrasi Tahun 2022, Kota Palopo menjadi salah satu lokus di Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui Tim Pelaksana percepatan penurunan stunting di Kota Palopo, terdiri dari Ketua Sekda Palopo, Wakil Ketua, Kepala Dinas (Kadis) PPKB, Kepala Bappeda dan Ketua TP PKK Kota Palopo.

Sementara itu, sekretariat tim pelaksana tersebut berada di bidang Ekonomi, Sosial, dan Pemerintahan Umum Bappeda Kota Palopo. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT