UPDATE: 10 Fakta Gempa Susulan di Bumi Manakarra Sulawesi Barat, Terjadi Dini Hari Saat Warganya Masih Terlelap

1184
RS Mitra Manakarra berlantai 6 juga rata dengan tanah, 6 orang terperangkap di reruntuhan bangunan diantaranya perawat dan pasien. (Foto: IG)
ADVERTISEMENT

MAJENE–Gempa susulan terjadi lagi, di Bumi Manakarra, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat dini hari tadi, 15 Januari 2021 sekira pukul 2.28 Wita.

Gempa besar yang kembali mengguncang kawasan Majene Sulbar, mengakibatkan kantor gubernur, fasilitas umum, rumah warga hingga sejumlah hotel dan bangunan bertingkat ambruk.

ADVERTISEMENT

Berikut fakta yang terjadi:

  1. Gempa M 6,2 ini berpusat di Majene. Gempa terjadi pukul 01.28 WIB atau 02.28 WITA. Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.
  2. Laporan sementara Tim BPBD Mamuju, sebanyak 3 orang tewas akibat gempa dengan magnitudo (M) 6,2 di Majene yang berdampak ke Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). “Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).
  3. Puluhan orang luka-luka dan ribuan warga dikabarkan mengungsi.
  4. Dampak gempa ini, kantor Gubernur Sulbar dan Hotel Maleo di Mamuju rusak berat. BNPB masih berkoordinasi soal rekapitulasi dampak gempa bermagnitudo 6,2 ini.
  5. Rumah Sakit Mitra Manakarra dengan 6 lantai juga rata dengan tanah, 6 orang terperangkap di reruntuhan bangunan. Netizen mengabarkan ada 2 perawat dan 1 pasien diantaranya masih terperangkap di reruntuhan bangunan.

6. Terjadi longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit Puskesmas (RB) dan 1 Kantor danramil Malunda (RB), menurut laporan sementara BPBD Majene.

ADVERTISEMENT

7. BPBD setempat melakukan penanganan darurat, seperti penanganan korban luka, evakuasi, pendataan dan pendirian pos pengungsian. Kebutuhan mendesak saat ini berupa sembako, selimut dan tikar, tenda keluarga, pelayanan medis dan terpal.

8. Dampak gempa Mamuju lainnya adalah rumah 5 lantai di Jalan Dahlia 6 Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju ambruk akibat gempa yang terjadi subuh hari. Sementara rumah lainnya juga mengalami retak-retak.

9. Saat ini warga mulai mengungsi ke daerah ketinggian. Khawatir terjadi gempa susulan.

10. Jembatan yang terhubung ke Mamuju juga putus akibat gempa.

Gempa ini adalah gempa susulan yang dirasakan lebih kuat dibanding gempa yang terjadi sehari sebelumnya.

(Tim Breaking News Koran Seruya)

ADVERTISEMENT