Usai Ditekuk Kalteng Putra 3-1, Begini Posisi PSM Makassar di Klasemen

149
ADVERTISEMENT

Palangkaraya — Kalteng Putra unggul atas PSM Makassar dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 2019 yang merupakan laga tunda, di pekan kesepuluh lalu, Minggu (10/11/2019) di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya Kalteng.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kalteng Putra mampu unggul terlebih dahulu lewat sabetan backheel Elthon Maran pada menit kelima. Sementara PSM Makassar berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Aji Kurniawan pada menit ke-39. Kalteng Putra langsung berinisiatif melakukan serangan sejak wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan.

Tim asuhan Gomes de Oliveira tersebut tampak tak mau membuang-buang waktu untuk bisa unggul cepat atas PSM. Benar saja, skuad berjulukan Laskar Isen Mulang tersebut berhasil unggul lebih dahulu pada menit kelima lewat backheel cantik Elthon Maran.

Elthon berhasil menggetarkan gawang Rivky Mokodompit setelah mendapatkan umpan matang dari I Gede Sukadana yang maju sebagai eksekutor tendangan bebas.

ADVERTISEMENT

Seperti terkena deja vu, PSM yang kembali harus tertinggal lebih dahulu langsung tancap gas menekan area pertahanan sang lawan. Namun, Hingga menit ke-20 PSM belum mampu memberikan ancaman berarti kepada kiper Kalteng Putra, Reky Rahayu. Bahkan, justru Kalteng Putra yang berhasil menggandakan keunggulannya.

Kali ini, tim Enggang Borneo tersebut berhasil menambah keunggulan lewat skema serangan balik cepat yang diperagakan oleh para pemainnya. Adalah Eydison Soares yang menjadi mimpi buruk bagi Rivky Mokodompit kali ini.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Mendapatkan bola terobosan matang dari Tatsuya Matsunaga, Soares yang berlari bebas tak terkejar barisan pertahanan PSM.

Menghadapi situasi satu lawan satu dengan Rivky Mokodompit, Soares mampu dengan tenang menceploskan bola ke gawang PSM untuk mengubah papan skor menjadi 2-0 di menit ke 23.

Hingga menit ke-35, PSM terus-menerus memberi tekanan kepada Kalteng Putra.

Hasilnya baru bisa dirasakan PSM pada menit ke-39, saat pemain yang baru masuk, Aji Kurniawan, berhasil menggetarkan jala gawang Reky Rahayu.

Pemain 19 tahun tersebut baru masuk pada menit ke-25 untuk menggantikan Zulham Zamrun yang mengalami cedera.

Aji dengan tenang mengontrol bola hasil sundulan Raphael Maitimo dan melepaskan tendangan ke pojok kanan atas gawang Reky Rahayu. Gol dari Aji tersebut merupakan yang terakhir pada babak pertama pertandingan ini.

Tambahan satu gol di babak kedua dilesakkan Tatsuya Matsunaga dari jarak jauh di menit ke 82.

Dengan hasil ini, PSM melorot ke posisi 9, dengan torehan 32 poin sedangkan Kalteng Putra, parkir manis di posisi 16 dengan torehan 26 poin.

Susunan pemain:

Kalteng Putra (4-3-3): 53-Reky Rahayu; 26-Kevin Gomes, 33-Rafael Bonfim, 3-Wasyiat Hasbullah, Abanda Rahman; 44-I Gede Sukadana, 34-Tatsuya Matsunaga, 77-Pandi Lestaluhu; 99-Elthon Maran. 89-Eydison Soares, 11-Yohanes Ferinando Pahabol.

Pelatih: Gomes de Oliveira.

PSM Makassar (4-4-2): 20-Rivky Mokodompit, 26-Taufik Hidayat, 15-Hasyim Kipuw, 32-Benny Wahyudi, 2-Aaron Evans; 19-Rizky Pellu, 50-Raphael Maitimo, 24-Rizky Eka Pratama, 10-Marc Klok; 90-Amido Balde, 7-Zulham Zamrun.

Pelatih: Darije Kalezic

(Iys)

ADVERTISEMENT