Usai Konsultasi ke Dewan Pers, FKJ Laporkan Oknum Wartawan ke Polda Sulsel

1672
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Kepala DPMPTSP Palopo, Farid Kasim Judas (FKJ) resmi melaporkan salah satu oknum wartawan dan medianya ke polda Sulsel Jumat (14/6/2019).

Laporan itu terkait pemberitaan tak benar yang belakangan ini terus menyoroti FKJ melallui laman Berita.News.com. FKJ saat melapor didampingi kuasa hukumnya, Irham Amin.

“Dewan pers tidak bertanggungjawab atas media yang tidak terdaftar dan wartawan yang tidak tersertifikasi. Makanya, setelah konsultasi dan aduan ke Dewan Pers, kami lanjutkan laporan ke polda sembari menunggu hasil kajian selanjutnya dari Dewan Pers,” kata kuasa Hukum FKJ, Irham Amin.

Ia menambahkan, kliennya sangat dirugikan atas berita hoaks yang ditujukan ke FKJ. Pihaknya juga telah berupaya melakukan klarifikasi tapi tak diberi ruang.

ADVERTISEMENT

Bahkan, sebelumnya juga telah diberikan waktu yang cukup panjang kepada media online yang dimaksud melalui pernyataan Pers terhitung sejak tanggal 28 Mei 2019, untuk memberikan pernyataan maaf namun hingga saat ini permintaan tersebut tidak diindahkan oleh media yang bersangkutan bahkan berita tersebut hingga saat ini masih ada di laman websitenya.

“Bahwa sekaitan dengan hal tersebut, sebagai entitas warga Negara yang memiliki hak konstitusional yang telah dirugikan nama baiknya, maka kami telah menempuh upaya hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kami menghimbau atau menggingatkan kepada masyarakat pembaca untuk tidak menyebarluaskan informasi dalam berita tersebut, oleh karena tindakan penyebarluasan berita tersebut memiliki konsekuensi hukum,” jelas Irham. (rls/asm)

ADVERTISEMENT