Usai Ujian Semester, SMPN 14 Palopo Mulai Kelola Nilai Siswa

940
ADVERTISEMENT

PALOPO – Usai melaksanakan ujian semester, SMP Negeri 14 Palopo kini mulai mengelola nilai siswa untuk diisi di rapor. Gurulah yang bertanggungjawab dalam menyusun nilai siswa untuk dimasukkan di dalam rapor mereka.

Sahabuddin, Kepala Sekolah SMPN 14 Palopo menyebutkan rapor adalah buku yang berisi keterangan mengenai nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah, yang dipakai sebagai laporan guru kepada orang tua siswa atau wali murid.

ADVERTISEMENT

Mantan Guru SMPN 3 Palopo itu menambahkan, nilai dalam rapor tersebut diperoleh dari rata-rata nilai tugas, ulangan harian, dan tentunya hasil dari ulangan semester yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Selain itu, berdasarkan penilaian kesopanan dan etika siswa selama jam sekolah.

Sistem penyusunan rapor semester ini dimulai dengan pembagian file format daftar nilai kepada semua guru mata pelajaran. Nilai dari guru tersebut selanjutnya diserahkan kepada wali kelas.

ADVERTISEMENT

“Kemudian, nantinya wali kelas yang menginput nilai-nilai tersebut ke dalam format rapor lalu dicetak atau dibukukan,” katanya.

Sebelum rapor dibagikan, siswa yang belum tuntas nilai termasuk tugas selama proses pembelajaran diberikan waktu yang akan digunakan sebagai perbaikan nilainya tersebut.

Diketahui rapor siswa akan dibagikan oleh wali kelas dan dilaksanakan di kelas masing-masing. Kabarnya, pihak sekolah akan melakukan pembagian rapor sebelum libur hari raya.

“Insha Allah minggu depan kita sudah bagi rapor, kami berharap nilai nilai siswa bisa keluar dengan hasil yang baik,” pungkasnya. (apl/liq)

ADVERTISEMENT