Ustad Abdul Somad Diberi Cinderamata Badik Pusaka dari Pompessi Luwu

133
ADVERTISEMENT

MALILI — Ustad kondang, Abdul Somad (UAS), mendapatkan cinderamata berupa dua bilah badik pusaka Luwu usai menghadiri tabligh akbar di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Minggu (20/11/2022). Badik tersebut diserahkan oleh Pompessi Luwu.

Badik yang diserahkan itu sarung dan hulunya disepuh perak dan bertahtakan batu mulia (safir dan zamrud) serta sebilah badik pusaka Luwu lainnya.
” Dua badik itu diserahkan oleh Musran Mustaring Passalo selaku Pembina Pompessi Luwu dan saya sendiri,” kata Ketua Pompessi Luwu, Alrizal Musdin M Passalo, Senin (21/11/2022).

ADVERTISEMENT

Pompessi Luwu adalah Komunitas Pemerhati Tradisi Budaya Pusaka yang dibentuk oleh Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau, pada tahun 2014 silam. Pompessi sendiri berarti Pohon Besi. Kenapa badik? Alfrizal mengatakan, ustad Abdul Somad adalah salah satu pencinta benda pusaka tanah air. ” Kita menyerahkan cinderamata berupa badik juga untuk memperkenalkan bahwa Luwu punya pusaka yang khas,” katanya.

Selain dua bilah badik, ustad Abdul Somad juga diberikan PIN Kedatuan Luwu. ” Saya juga diamanatkan oleh Yang Mulia Datu Luwu XL, untuk menyematkan Pin Kedatuan Luwu kepada Ustad Abdul Somad,” kata Alrizal. Mendapat cinderamata berupa dua bilah badik pusaka Luwu, UAS tak dapat menyembunyikan kesyukurannya.

ADVERTISEMENT

” Saya baru saja menerima badik pusaka dari Pompessi Luwu sebuah Komunitas yang amat sangat peduli dengan tradisi budaya dan pusaka. Kalau pusaka tidak kita jaga anak cucu kita kehilangan sejarah masa lalu tentang masa lalu,” katanya.

UAS mengakui di rumahnya dia punya satu lemari khusus penuh benda-benda peninggalan. Seperti Rencong, keris, dan pedang supaya menjadi cerita di masa depan. ” Anak cucu saya akan tahu bahwa kakeknya pernah punya saudara di Sorowako (Luwu Timur) yang memberikan kenang-kenangan berupa badik. Semoga kebaikannya dibalas oleh Allah,” kata UAS.

ADVERTISEMENT

Di Luwu Raya, UAS menggelar tabligh akbar di tiga tempat berbeda. Pertama pada Sabtu (19/11/2022) di Lapangan Pancasila, Palopo kemudian pada Minggu (20/11/2022) di Lapangan Soekarno Hatta Malili serta Masjid Al Ikhwan, Sorowako, Kecamatan Nuha. (roy)

 

ADVERTISEMENT