Versi Webometric, Universitas Muhammadiyah Palopo Terbaik di Luwu Raya

172
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebanyak 512 wisudawan dikukuhkan dalam Wisuda Diploma,Sarjana dan Pasca Sarjana Angkatan V Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Palopo, di Gedung Gedung Muhammadiyah Convention Center Palopo, Selasa(21/11/2023).

Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo,Prof. Dr. Suhardi M. Anwar, MM, CIQaR dalam laporannya mengatakan jumlah mahasiswa yang aktif di UM Palopo saat ini sebanyak 3.981 Mahasiswa dengan jumlah alumni yang sudah mencapai 6.301 dan saat ini sebanyak 512 wisudawan dikukuhkan dalam acara wisuda angkatan ke V tahun 2022.

ADVERTISEMENT

Dia mengungkapkan, UM Palopo sendiri telah berada pada peringkat 1 di Luwu Raya dan peringkat 15 untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dan urutan ke-146 nasional berdasarkan versi webometrics.

“Pada aspek penelitian dan pengabdian, UM Palopo berada pada kluster Madya. Penerima 269 RKK Program Praktisi Mengajar, terbanyak kedua nasional, dan memiliki 19 Sistem Informasi, diantaranya telah digunakan oleh perguruan tinggi
Muhammadiyah lain,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Diketahui, Webometrics adalah suatu sistem pemeringkat yang memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi di dunia melalui website perguruan tinggi tersebut. Ada empat kriteria atau indikator yang digunakan Webometrics dalam menilai kinerja perguruan tinggi, yaitu presence, visibility impact , openness, dan excellence.

Ditambahkan Suhardi UMPalopo memiliki Guru Besar sebanyak 3 Orang. Saat ini telah dilakukan pengusulan Guru Besar sebanyak tiga orang. Jumlah Lektor Kepala sebanyak 7 Orang. Kualifikasi Pendidikan S3 23 Orang. Sedangkan saat ini yang lanjut Studi S3
sebanyak 22 orang. Jumlah Dosen tersertifikasi sebanyak 84 orang, terdapat 10
orang dosen sebagai Asesor BKD Nasional, 2 reviewer nasional penelitian dan
pengabdian kepada Masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Dalam hal pengajaran kami memiliki keunggulan karena telah menerapkan
platform perkuliahan yang bisa dilakukan secara online yakni IQRA’
UMPalopo yang merupakan platform Perkuliahan Online berbasis Learning Manajemen
System (LMS) dalam jaringan (Daring) secara terpadu yang dapat di akses
dimana saja dan kapan saja,”jelasnya.

Untuk diketahui dalam wisuda angkatan ke V Tahun 2023 UM Palopo ini juga dirangkaikan dengan penyerahan SK Guru Besar kepada Prof.Dr.Salju, SE.,MM oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX SULTANBATARA. Selain itu juga dilakukan Penyerahan sertifikat tanah wakaf dari Kel. Besar Hj. Junarsih Muhani kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Palopo.

Adapun Wisudawan Terbaik Universitas Muhammadiyah Palopo pada wisuda angkatan ke V Tahun 2023 diraih Andi Aisyah Prodi Bimbingan dan Konseling IPK 3,98, masa studi 3 tahun 10 bulan . Sementara untuk wisudawan Wisudawan Terbaik Pascasarjana Universitas Muhammadiyah diraih oleh drh. Burhanuddin Harahap, MM dari Prodi Magister Manajemen dengan IPK 4,0. Untuk wisudawan terbaik lainnya yakni Wisudawan terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diraih Andi Aisyah, S.Pd dari prodi BK, dengan IPK. 3,98 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan.

Wisudawan terbaik Falultas Sains dan Taknologi diraih Irnawati, SP. dari prodi Penyuluh Pertanian IPK 3,97 dengan masa studi 3 tahun 9 bulan.Wisudawan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis diraih Muhammad Fadli dengan IPK dan Wisudawan Terbaik Fakultas Kesehatan diraihYurni, Amd., Keb dengan IPK 3.97.

Hadir dalam acara wisuda ini Walikota Palopo/diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ruslan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr. Irwan Akib, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX. Dr. Andi Lukman, M.Si ,Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palopo Dr. M. Tahmid Nur, M.Ag ,Sekda Kabupaten Luwu dan tamu undangan lainnya dari Perguruan Tinggi se Luwu Raya dan
Mitra Kampus Universitas Muhammadiyah Palopo lainnya. (*)

ADVERTISEMENT