Video Viral: Tragedi Banjir Bandang Kepung Sebuah Desa di Pegunungan Ijen Bondowoso, 200 KK Terdampak

396
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Sedikitnya 200 KK terdampak musibah banjir bandang di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu siang (29/1). Banjir bandang ini juga mengakibatkan sedikitnya tiga rumah warga rusak, satu rumah di antaranya rusak berat akibat terjangan air bercampur material dan lumpur itu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

“Untuk tiga unit rumah warga yang rusak akibat banjir bandang, yakni di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen. Dua rumah kondisinya miring dan satu rumah rusak berat (ambles), sedangkan ketinggian banjir di Desa Kalisat ini hingga bahu orang dewasa,” kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bondowoso Sulaiman saat dihubungi di Bondowoso, Rabu malam, seperti dikutip Antara.

ADVERTISEMENT

Ia menjelaskan, dirinya bersama rekan-rekan BPBD sedang membantu warga membersihkan material lumpur, seiring banjir bandang telah surut. Selain itu, pihaknya masih melakukan pendataan rumah warga terdampak banjir bandang di Desa Kalisat, yang posisi desa itu berada di hilir Desa Sempol.

“Data terdampak banjir bandang di Desa Kalisat belum masuk (belum dilaporkan), karena kami bersama teman-teman masih mendata dan membantu warga membersihkan material lumpur,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Peristiwa banjir bandang menerjang sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol, Bondowoso, setelah hujar deras sekitar dua jam mengguyur kawasan lereng Gunung Ijen.

Akibat terjangan banjir bandang ini, dua orang warga Desa Sempol mengalami luka ringan dan seorang lansia harus dirawat di puskesmas setempat.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sementara itu, dikutip CNN, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) disebut jadi penyebabnya.

“Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah pegunungan Ijen hingga memicu banjir bandang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/1).

Ia menyebut banjir ini mulai melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB. BPBD Bondowoso mencatat 200 keluarga terdampak banjir.

“Mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat. Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm,” katanya. (iys)

ADVERTISEMENT