VIDEO INSPIRASI: Siasati Pandemi Covid-19, Tukang Cukur di Palopo Ini Layani Panggilan ke Rumah, Hasilnya Luar Biasa

191
ADVERTISEMENT

SERUYA-TV: WABAH virus corona atau covid-19 yang sudah berlangsung dua tahunan lebih, tak membuat Aswar Paloh kehabisan ide untuk tetap mengais rezeki. Pria yang berprofesi sebagai tukang cukur di kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan ini, punya cara unik untuk meraup rupiah demi menafkahi anak dan istri.

 

Aswar, pemilik Family Barbershop di Jalan KH Dahlan, kawasan Pusat Niaga Palopo ini, harus memutar otak agar bisnis cukur rambut miliknya tidak gulung tikar imbas penyebaran virus corona atau Covid-19. Rupanya, Aswar mampu menyiasati sepinya pelanggan ke barbershop miliknya dengan cara melayani cukur panggilan ke rumah-rumah pelanggannya.

Jika selama ini, Aswar mencukur pelanggannya di barbershop miliknya, kini dia melayani pelanggan dari rumah ke rumah. Semacam tukang cukur keliling. Usaha cukur keliling yang dilakukan pria berusia 27 tahun ini setidaknya bisa menghasilkan rupiah di tengah penghasilan dari mencukur rambut menurun drastis di barbershop sejak pendemi virus corona.

Dengan ‘inovasi’ cukur keliling ke rumah pelanggannya, Aswar mengaku setiap harinya bisa mendapatkan pelanggan 5 sampai 6 orang. Bahkan, kalau lagi mujur, bisa diatas 10 orang.

ADVERTISEMENT

Aswar cukup dikenal sebagai tukang cukur berpengalaman di Kota Palopo. Banyak pejabat yang jadi langgananya, diantaranya Walikota Palopo, HM Judas Amir, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas, termasuk Dirut KORAN SERUYA, Chaerul Baderu jadi pelanggan khusus Aswar.

Tak hanya pejabat, pengusaha dan tokoh-tokoh ternama di Kota Palopo jadi pelanggan tetap Aswar. Sehingga, Aswar mengaku sangat bersyukur lantaran banyaknya order cukur panggilan dari pelanggannya, yang diterimanya setiap hari.

Aswar mengakui, sejak pandemi covid-19, sekitar dua tahun lalu, usaha barbershop miliknya, Family Barbershop sepi pelanggan. Namun dengan layanan cukur panggilan ke rumah, dia mengaku bisa survive di tengah masa pandemi corona.

Aswar mengaku bisa melayani cukur ke rumah pelanggan berkat bantuan Walikota Palopo, HM Judas Amir. Beberapa bulan lalu, Aswar mendapatkan bantuan peralatan cukur yang bisa dibawa kemana-mana. Termasuk alat cukurnya bisa dipakai mencukur pelanggan di malam hari karena dilengkapi lampu dan kaca.

Nah, untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggannya, termasuk untuk melindungi dirinya dari virus corona, Aswar mengenakan masker dan sarung tangan saat mencukur konsumennya. Tak hanya itu, semua peralatan cukur disterilkan dengan hand sanitizer.

Nah, bagi Anda, warga Kota Palopo yang ingin dicukur Aswar, bisa menghubungi nomor kontaknya via WhatsApp 085341306560. Aswar mengaku siap datang ke rumah pelanggannya setiap hari dengan layanan cukur keliling.

ADVERTISEMENT