VIDEO: Mobil Panther Ikut Disapu Lahar Dingin, Ibu-ibu Rekam Video Sambil Teriak Histeris Jadi Viral

135
ADVERTISEMENT

JATIM–Peristiwa banjir lahar dingin Gunung Semeru di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mendadak viral di sosial media.

Lantaran ada ibu-ibu teriak histeris saat sebuah mobil diduga Panther, ikut menjadi korban ganasnya arus banjir lahar dingin tersebut.

ADVERTISEMENT

Kejadian tersebut direkam dalam sebuah video amatir yang kemudian viral dalam grup-grup percakapan WhatsApp warga Lumajang.

Video tersebut merekam detik-detik sebuah kendaraan roda empat digulung aliran lahar dingin yang datang bak air bah dari hulunya di Gunung Semeru, Senin sore, 8 Februari 2021.

ADVERTISEMENT

Informasi dihimpun di Badan Penanggulangan Bencana Daerah membenarkan adanya kejadian terseretnya mobil panther milik Sudi, warga setempat. Saat itu, mobil diparkir dan pemilik sedang ingin melihat sisa awan panas.

Karena kondisi hujan, pemiliknya kemudian berteduh ke warung kopi. Tiba-tiba lahar dingin Semeru datang dengan cepat dan mobil tidak sempat dinaikan ke atas tanggul. “Tidak ada korban jiwa,” kata Kepala BPBD Lumajang, Indra Wibowo Leksana pada wartawan dilansir beritajatim.com.

Masih kata dia, informasi awal dari relawan bencana yang sering memantau gunung Semeru dan lahar dingin. Jika pemilik sedang ngopi saat terjadi peristiwa. “Jadi, video mobil terseret lahar terekam oleh warga,” paparnya.

Mobil terseret ke hilir sungai aliran lahar Besuk Kobokan. “Untuk jauhnya beberapa meter belum ada laporan,” pungkasnya.

Berikut cuplikan videonya disadur dari Kompas TV:

(iys)

ADVERTISEMENT