Viral, Sekretariat DPRD Lutim Langgar Protkes saat Foto Kenakan Pakaian Adat

893
ADVERTISEMENT

LUTIM – Pemerintah resmi memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai tanggal 10 hingga 23 Agustus 2021. Bumi Batara Guru berada di Level 4. Untuk itu, Bupati Luwu Timur, H Budiman akan melakukan PPKM berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“PPKM Level 4, kita akan laksanakan sesuai instruksi Mendagri,” Kata Budiman, Selasa (10/8/2021) kepada Koran SeruYA.

ADVERTISEMENT

Demi menekan angka positif covid-19 yang terus menanjak, Pemkab Lutim akan memberlakukan Work From Home (WFH) di lingkup perkantoran. Sedang tempat ibadah dan perbelanjaan akan berlakukan batasan jam operasional dan pembatasan pengunjung.

Bahkan, acara pesta pernikahan diminta untuk sementara waktu. Budiman juga meminta semua pihak menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita akan lakukan pembatasan seperti tempat ibadah. Untuk tempat perbelanjaan seperti pasar toko, warung makan, warkop juga akan dilakukan pembatasan pengunjung dan jam operasional,” ucap Bupati Luwu Timur.

Hanya saja, instruksi ini belum sepenuhnya dipahami dan dilakukan sebagian orang. Hal itu terlihat pada postingan beberapa warga Luwu Timur yang menyayangkan sikap sekretariat DPRD Luwu Timur yang berfoto menggunakan baju adat tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Foto itupun viral di media sosial Facebook dan mendapat perhatian dari warga net. Diduga foto tersebut diambil hari ini, Selasa (10/10/2021).

Salah satu akun Facebook, Ard Rauf yang memposting foto itu menyayangkan sikap sekretariat DPRD Lutim yang tidak menerapkan protokol kesehatan, padahal Bumi Batara Guru sedang menerapkan PPKM level empat.

“Tanggal 10 Luwu Timur Menggunakan Baju Adat Nusantara.. Appreciated 👍🥰 Tetapi Sayangnya tidak mengikuti Prokes..👎👎 Di Belakang Terpampang Jelas anjuran Protokol Kesehatan namun realisasinya Nol 0 Besar. 👌 Tidak Patut di Contoh..!! Semoga Pak Bupati dan Pimpinan DPRD Luwu Timur dapat menegur dan memberikan sangsi..🙏 #Gayanajie #SekretariatDPRD #TaroAdaTaroGau #LuwuTimur_Inspiring,” tulisnya.

Postingan itu pun mendapat ratusan tanggapan dari netizen dan puluhan komentar. Rata-rata netizen menyindir kesadaran Sekretariat DPRD yang masih minim menerapkan protokol kesehatan.

“Anti corona bede kalo pake baju Adat 😄,” tulis akun Kemal Eden Malinta.

“Sultan ma bebas 😂😂,” kata akun Mamming.

“Penasaranka’tunggu klarifikasi alias pembelaan dari mereka yang ada di foto..,” celetuk akun Rina Sofia Hasyim.

“Bukannya memberikan contoh yang baik! 😆😆,” ujar Iin Huzair Huzain. (rah/liq)

ADVERTISEMENT