Viralll, Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Makassar Pamer Emas 180 Gram

158
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — ROMBONGAN jemaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Debarkasi Makassar mendarat di Tanah Air di Bandara Sultan Hasanuddin, Rabu (5/6/2023). Total 392 jemaah yang tergabung dalam kloter pertama ini. Dari ratusan jemaah itu ada seorang yang menjadi pusat perhatian. Dia adalah Suarnati Daeng Kanang asal Makassar. Daeng Kanang tampak glamour dengan perhiasan emas di leher, jari dan tangannya,. Totalnya 180 gram emas.

Perempuan 46 tahun ini juga memakai busana hijau mencolok dilengkapi penutup kepala khas bugis yang juga bewarna emas. Ditambah lagi, Suarnati Daeng Kanang terus tersenyum saat tiba di asrama haji sudiang sembari memamerkan emas yang dipakainya. Ia mengaku, ada sekitar 180 gram emas yang ia kenakan.

ADVERTISEMENT

Akan tetapi dari ratusan gram emas yang dipakai, tak semua dibeli dari Tanah Suci. Ada juga separuh emasnya sudah dibeli di Makassar sebelum berangkat haji. “Ini (emas) saya bawa dari Makassar sekitar 80 gram, kalau yang saya beli dari Tanah Suci mungkin 100 gram,” bebernya dikutip dari tribuntimur. “Saya belinya pakai uang real, pokoknya per gram sekitar Rp 1.200.000,” ujarnya.

Ia membeli emas dari Tanah Suci untuk memenuhi nazarnya. “Saya sudah bernazar dari awal, belum mendaftar saya sudah nazar seandainya saya ke Tanah Suci bisa tidak ya saya begini (pakai emas) seperti orang-orang (jemaah haji yang glamor saat pulang dari Tanah Suci,” ucap Suarnati Daeng Kanang.

ADVERTISEMENT

Ia mengungkapkan, alasan membeli emas di Tanah Suci karena merasa ada kepuasan tersendiri. Bahkan ia mengaku lebih berkarisma jika memakai emas dari Tanah Suci. “Karismanya beda dan saya percaya kalau sakit terus pakai emas dari Tanah Suci bisa sembuh,” tutur warga Jl Muhammad Tahir Lepping Makassar ini.

Untuk berangkat menunaikan ibadah haji, ia harus menunggu selama 13 tahun. Dan sempat juga tertunda 2 tahun karena Covid-19. Lebih lanjut dia, 2 hari sebelum berangkat ia menadapat cobaan karena harus menjalani operasi batu empedu. “Tapi alhamdulillah selama proses haji semua dilancarkan bahkan tidak pernah merasakan sakit pasca operasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Suarnati mendoakan semua keluarganya bisa juga berangkat ke Tanah Suci. “Semua saya doakan, semoga bisa ke sana (Tanah Suci), bisa juga merasakan apa yang saya rasakan, semua keluarga dipanggil ke sana kedua orang tua, adik-adik, kakak, termasuk usaha dilancarkan,” pungkasnya. Ia mengaku selama di Mekah, dirinya banyak mendapatkan kebaikan serta kemudahan selama beribadah.

“Bahkan sebelum berangkat, saya sebenarnya baru saja sudah operasi, namun tak ada rasa sakit sedikitpun yang saya rasakan,” terangnya. Namun ia mengaku sedikit kelelahan usai penerbangan yang ditempuh selama 12 jam lamanya. Meski begitu ia sangat terharu bisa tiba di Tanah Air dengan selamat. “Penerbangannya sampai 12 jam, sangat lelah, Alhamdulillah bisa sampai dengan selamat,” terangnya. Penampilan Daeng Kanang menjadi viral setelah banyak dimuat oleh media. (*)

ADVERTISEMENT