Virus Corona Kembali Merajalela, Walikota Palopo Minta Kafilah STQ yang akan Berangkat ke Sidrap Jaga dan Patuhi Prokes

27
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota Palopo secara resmi melepas rombongan kafilah Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan Hadist XXXII Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ke kabupaten Sidrap, Rabu, 2 Juni 2021.

Kegiatan ini digelar di Aula Saokotae dihadiri unsur Forkopimda Palopo dan Perangkat Daerah serta Kementerian Agama.

ADVERTISEMENT

Dalam laporan tertulisnya, Ketua rombongan STQ kota Palopo, Haji Harisal A. Latief dalam arahannya menyampaikan bahwa peserta STQ ini murni peserta dari kota Palopo, dari hasil seleksi yang dilakukan panitia STQ sebelumnya. Sehingga terjaring 11 orang peserta.

Ia juga melaporkan bahwa pesertanya terdiri dari wanita-pria dan yang akan mendampingi nanti sebanyak 24 official pendamping. Sementara jumlah keseluruhan dari Panitia pendamping sebanyak 52 orang.

ADVERTISEMENT

“Harapan kita bersama semoga apa yang kita cita-citakan dan kita harapkan sesuai ekspektasi kita untuk mendapatkan juara STQ yang dilaksanakan di kabupaten Sidrap nanti betul-betul bisa tercapai,” paparnya.

Sedangkan Kepala Kementerian Agama Kota Palopo Dr. HM Rusydi Hasyim M.Ag menyampaikan jika event STQ kali benar-benar murni dari dalam Palopo setelah beberapa waktu lalu mencoba “peserta impor” dari luar daerah.

ADVERTISEMENT

“Mudah-mudahan pada event kali ini, yang diwakili oleh peserta yang betul-betul murni dari kota Palopo, dan tidak kalah hebatnya dari peserta-peserta yang tadinya mewakili kota Palopo, yang selalu diambil dari luar dan beliau berharap ke depannya, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

“Insya Allah tahun depan, kita akan coba menyusun kembali bahwa pelaksanaan MTQ, di tingkat kota Palopo, Insya Allah kita akan adakan, dan kita akan berusaha menjaring peserta, yang betul-betul dari dalam kota Palopo sendiri, dan tidak ada lagi yang mengambil peserta dari luar,” tandas Rusydi.

Selain itu, ia juga berharap agar semua peserta dan official di lokasi selalu tertib dan tepat waktu,” ujar beliau.

Lain halnya Walikota Palopo. Dalam arahannya, HM Judas Amir mengatakan, bahwa enam tahun yang lalu telah memberikan perhatian yang sangat serius terhadap guru mengaji dan memberikan perhatian lebih terhadap pembinaan masjid. Ini adalah bagian dari buah pikiran bahwa tiap tahun, harus ada STQ dan ada MTQ, katanya.

“Saya berharap kepada peserta yang STQ, agar kalian menjadi juara dan apa yang terkandung di dalamnya paling tidak ada dua hal, untuk dirimu dan anakmu. Serta untuk orang tuamu dan yang lebih besar lagi untuk kota Palopo,” pesan Judas Amir.

Ia pun mengimbau untuk seluruh masyarakat kota Palopo agar tetap bekerja sama dengan baik dan memegang teguh perintah agama. Selain itu, orang nomor satu di kota Palopo itu juga berharap kepada peserta STQ agar taati protokol kesehatan supaya aman dari penyebaran virus corona yang mulai merajalela kembali,” harap walikota.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera kafilah dari Walikota Palopo kepada Ketua Kafilah, Haji Harisal A. Latief yang juga legislator Golkar di DPRD Palopo itu.

(*)

ADVERTISEMENT