Wabup Akbar Leluasa Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi 290 Siswa Kurang Mampu Berprestasi

42
ADVERTISEMENT

MALILI — Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa menyerahkan bantuan program pendidikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Luwu Timur kepada siswa kurang mampu berprestasi tingkat SMP, SMA/SMK dan Madrasah (MTs dan MA) se Kabupaten Luwu Timur, Jum’at (20/10/23).

Bantuan secara simbolis ini diserahkan kepada perwakilan siswa dari 63 sekolah yang tersebar se-Kabupaten Luwu Timur. Rinciannya, SMP sebanyak 43 sekolah dengan penerima 129 siswa masing-masing Rp. 750.000, SMA/SMK sebanyak 20 sekolah dengan penerima 56 siswa masing-masing Rp. 1.000.000.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mochammad Akbar Andi Leluasa menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada pimpinan BAZNAS dan seluruh jajaran yang telah berpartisipasi dalam meningkatkan pendidikan di Kabupaten Luwu Timur. “Terima kasih Baznas Luwu Timur karena telah hadir ditengah umat yang membutuhkan bantuan. Semoga terus menebar kebaikan dan bersinergi dengan Pemda Luwu Timur dalam melayani umat,” jelas Mochammad Akbar.

Ikhtiar memajukan pendidikan bagi hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas kata Wakil Bupati, tentu tidak semata-mata bergantung kepada pemerintah semata, namun juga proaktifnya segenap pemangku kepentingan termasuk Baznas dalam rangka penguatan sumber daya manusia yang berkarakter dan berkualitas.

“Program bantuan pendidikan Baznas patut kita apresiasi sebagai upaya sehingga dapat membantu dan mendukung para pelajar di Kabupaten Luwu Timur agar dapat memperoleh pendidikan yang baik,” ujar Wakil Bupati. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga kembali menyampaikan bahwa semua program Baznas termasuk bantuan pendidikan ini tentu berkat pembayaran zakat dari seluruh elemen masyarakat Luwu Timur.

“Seperti kita pahami bersama bahwa salah satu fungsi utama dari seluruh bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan sosial dengan mewujudkan keadilan yang merata diseluruh kalangan umat dan masyarakat,” ucap Wakil Bupati. Terakhir, Wakil Bupati menyampaikan kepada para penerima bantuan sekiranya dapat dipergunakan dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat. “Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan harus sesuai dengan peruntukannya,” kata Wakil Bupati mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Luwu Timur, H. Hamka Ilyas mengatakan, bantuan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu berprestasi ini diberikan kepada 290 siswa dari tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dengan total bantuan yang disalurkan sebanyak Rp. 240.050.000.

“Hari ini kami serahkan 63 sekolah dengan total bantuan sebanyak 152.750.000, tahap kedua rencananya diserahkan hari Ahad (22/10/23) ke Mts dan MA sebanyak 35 sekolah dengan penerima 105 siswa dengan total bantuan sebanyak Rp. 87.300.000” kata Ketua Baznas Luwu Timur. Ketua Baznas berharap agar dana yang diberikan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan pendidikan. Sehingga orang tua mereka merasa terbantu biaya pendidikan anak-anaknya.

“Mudah-mudahan dana ini menjadi barokah dan bermanfaat untuk masa depan pendidikan. Mohon doanya semoga Baznas ke depan bisa lebih eksis dan bisa terus membantu masyarakat kurang mampu yang akhirnya bisa menjadi siswa berprestasi dan masyarakat yang sejahtera,” pungkas ketua Baznas. Penyerahan bantuan pendidikan tersebut turut disaksikan oleh Kapala Kantor Kementerian Agama Luwu Timur, H. Muhammad Yunus, Perwakilan Kabag Kesra Abdul Azis, serta para sekolah. (*)

ADVERTISEMENT