Wakil Bupati Luwu Utara Minta Pembangunan Huntap Dikerja Profesional dan Tepat Waktu

137
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUTRA — Percepatan pengadaan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban banjir bandang terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Olehnya itu, Pemda Lutra menggelar Ekspose Huntap Tipe Banua Tadulako dengan aplikator PT Bangun Bhumyagara Parama, Kamis (9/12/2021) di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Lokasi pembangunan huntap rencananya di Desa Meli Kecamatan Baebunta, dan Desa Pombakka Kecamatan Masamba. Yusri Matoha, selaku pihak aplikator, menawarkan huntap dengan spesifikasi tahan gempa, seperti yang sudah mereka terapkan bagi korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Ketahanannya bisa sampai 7,4 SR.

“Secara umum spesifikasi bahannya, untuk pondasi menggunakan batu gunung/kali, rangka struktur bangunan sloof, kolom, ringbalok menggunakan c.75.45.15.18, menggunakan rangka atap baja ringan, lantai rabat beton, serta dinding menggunakan bata ringan,” urai Yusri. Ia menyebutkan konstruksi bangunan kuat. “Jika kaitannya dengan banjir, insya Allah akan sanggup menahan arus air yang cukup kuat,” beber dia.

Sementara Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, yang hadir dalam ekspose ini, mengatakan, desain yang ditawarkan aplikator, secara umum tahan terhadap bencana, karena huntap yang ditawarkan aplikator sudah diterapkan di Palu. Sementara di Lutra sendiri, kata dia, terjadi bencana banjir yang disebabkan pergerakan bebatuan akibat gempa.

ADVERTISEMENT

“Kita ingin huntap ini bukan cuma tahan gempa, dalam kaitannya dengan banjir, huntap yang akan dibangun harus adaptif, artinya ketika terjadi banjir, rumah ini bisa beradaptasi dengan banjir, sehingga hunian ini bisa cepat dipulihkan, seperti pembersihannya dan sebagainya,” harap dia. “Jangan sampai sekali terendam, bangunannya sudah keropos,” sambungnya.

Mantan Kadis PUPR ini juga berharap pembangunan huntap dikerjakan secara profesional dan tepat waktu, mengikuti time schedule pelaksanaan pembangunan dari pihak aplikator. “Mari kita tetap mengawal dan mengedukasi masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan huntap ini, sehingga kegiatan ini berjalan sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri: Kepala Pelaksana BPBD, Muslim Muchtar; Kepala Bapenda, Baharuddin Nurdin; Camat Masamba, Adjie Saputra; Camat Baebunta, Andi Yasir; Camat Baebunta Selatan, Muhammad Yamin; Camat Sabbang, Sitti Kidar; serta para Kepala Desa lingkup kecamatan Masamba, Baebunta, Baebunta Selatan, dan Sabbang. (***)

ADVERTISEMENT