Wakili Lutim Ajang ADWI 2021, Nikmati Keindahan Danau Matano dari Sudut Tersembunyi

191
ADVERTISEMENT

LUTIM – Danau Matano Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, dinobatkan sebagai 300 besar peserta anugrah desa wisata yang ada di Indonesia. Di Sulawesi Selatan (Sulsel) ada lima destinasi desa wisata yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Diantaranya, Desa Wisata Sorowako Kabupaten Luwu Timur, Desa Wisata Rinding Allo Luwu Utara, Desa Wisata Buntu Buangin Sidrap, Desa Wisata Manuju Gowa, dan Desa Wisata Kambo Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Sebagaimana yang diunggah pada Laman channel youtube “Jaringan Desa Wisata” yang berjudul 300 besar desa wisata ADWI 2021. Dalam laman youtube tersebut juga dimoderatori Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno menyebut sebanyak 1.831 desa wisata telah bergabung dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Dan keluar 300 desa wisata dinobatkan sebagai ADWI. Prestasi yang diterima Desa Sorowako ini tidak lepas dari peran kepala Desa Jihadin Peruge serta pemerintah kabupaten Luwu Timur.

Desa Sorowako merupakan tempat untuk menikmati keindahan Danau Matano, bermain air, berenang, aneka kuliner, camping dan aktivitas lainnya yang memberikan pengalaman terbaik untuk datang kembali.

Tempat wisata tepian Danau Matano yang menawarkan panorama yang indah, kuliner dan atraksi kebudayaan dan kesejukan alam. Tempat ini sangat cocok untuk camping keluarga atau komunitas. Melihat Kota Sorowako dan Danau Matano sambil ngopi dan menikmati kuliner khas Luwu Timur.

Bukan hanya itu, Kampung Taipa menjadi tempat yang cocok untuk wisata keluarga atau kelompok. Menikmati Danau Matano dari sudut yang tersembunyi.

Berkunjung di tempat ini wisatawan juga bisa membeli berbagai olahan keripik berbahan dasar pisang, singkong dan nangka. Berbagai olahan sirup dari dengen (buah khas Sorowako), dan masih banyak jajanan dan kuliner lainnya yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. (rah/liq)

ADVERTISEMENT