Walikota Ikuti Rakor Virtual Pengawasan Internal Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulsel

54
Walikota Palopo di Rujab Saokotae, Senin 05 April 2021
ADVERTISEMENT

PALOPO–Walikota Palopo secara virtual mengikuti pembukaan rapat koordinasi pengawasan internal keuangan dan pembangunan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021.

Rakor dengan tema “Kolaborasi Pengawasan Intern BPKP – Inspektorat Daerah Dalam Mengawal Program Pemulihan Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan” dilaksanakan di Rujab Walikota Palopo, Senin 05 April 2021.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto menyampaikan tentu ini akan menjadi perhatian kita semua untuk dapat menjadi acuan untuk kita implementasikan dalam kolaborasi dan sinergi dalam pengawasan intern antara BPKP dengan Apip.

Pesan dari Presiden RI yaitu terkait konsolidasi anggaran bahwa anggaran harus dibuat skala prioritas dikonsentrasikan dan fokus pada hal-hal yang esensial sehingga memudahkan dalam pengawasan yang akan dilakukan bersama.

ADVERTISEMENT

Kemudian perencanaan yang matang output dan outcome harus jelas yang ditujukan untuk hasil yang terbaik terutama bagi masyarakat selanjutnya adalah terkait dengan penanganan covid-19 di mana kita belum mengetahui kapan akan berakhir.

Dengan adanya program vaksinasi dan penerapan 3M lebih dimaksimalkan semoga dapat mengatasi pandemi covid-19 dengan baik sehingga berkaitan pula dengan tujuan ekonomi di daerah masing-masing.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya pemulihan ekonomi nasional maupun yang ada di provinsi Sulsel pada khususnya untuk melibatkan UMKM dan memberikan pelayanan terbaik bagi inspektor kita.

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST saat membuka acara menyampaikan di tahun 2021 ini kita selalu berkoordinasi dan ini merupakan momentum untuk bekerja terkait data umum strategi untuk program kita ke depan.

Segala sesuatu yang terjadi dalam proses akuntabilitas keuangan daerah dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kolaborasi ini harus lebih banyak konsultasi dan koordinasi kedekatan harus terjaga dengan seluruh instansi vertikal dalam mengawal kab/kota bagaimana terciptanya sinergitas untuk memastikan bahwa seluruh proses akuntabilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Turut hadir mendampingi Walikota Palopo, Asisten II Setda Kota Palopo Taufiq S.Kep.,Nrs.,M.Kes serta perwakilan dari Inspektorat Kota Palopo.

Di tingkat Provinsi Rakor ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Abdul Hayat, M.Si, Pimpinan KPK RI, Kepala BPK RI, Para Kepala Perangkat Daerah Se Sulsel, Para Bupati/Walikota serta para Inspektur Kab/Kota se Sulsel.

(*)

ADVERTISEMENT