Walikota Membuka Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan Unanda Palopo

66
ADVERTISEMENT

PALOPO – Walikota Palopo Judas Amir membuka pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Mahasiswa KKN Tematik dan Profesi Angkatan XXXVI Tahun Akademik 2022/2023.

“SMART VILLAGE” sebagai penguatan kapabilitas partisipatif masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya desa yang Efektif dan berkelanjutan di auditorium Saokotae, Selasa 9 Mei 2023.

ADVERTISEMENT

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Suardi mengatakan, kegiatan KKN ini merupakan ujung tombak untuk keberhasilan kegiatan KKN.

KKN untuk semester genap jumlah peserta sudah terdaftar 155 dan terdiri dari KKN Tematik dan KKN Profesi. KKN Tematik sebanyak 119 peserta dan KKN Profesi sebanyak 36 peserta.

ADVERTISEMENT

Dari 155 peserta ditempatkan secara keseluruhan di Kabupaten Luwu Timur dengan dua Kecamatan yaitu Kecamatan Towuti dan Kecamatan Burau. Pelaksanaan KKN dilaksanakan selama dua Bulan.

Rektor Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, Annas Boceus mengatakan, kegiatan KKN yang akan dilakukan lebih fokus pada wilayah pengembangan PT. Vale Indonesia di enam Desa.

ADVERTISEMENT

Surat Keputusan Rektor terkait dengan pembagian amanah kepada ketua program studi baik di tingkat program pasca sarjana maupun program studi untuk S1 pertambangan merupakan memomen yang menarik dan cukup penting untuk dilakukan.

Dirinya berharap, mereka yang mendapatkan amanah bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. “Harapan kita pasca sarjana khususnya pertanian, perikanan, ilmu hukum dan teknik pertambangan S1 ini bisa bekerja dengan baik untuk mensosialisasikan program-program studi yang diamanahkan itu agar supaya masyarakat paham dan akan menjatuhkan pilihannya pada program studi yang kita miliki,” ujarnya.

Pada kegiatan Launching pembukaan S2 itu dilaporkan bahwa untuk saat ini pertanian itu kurang lebih 60 mahasiswa S2, kemudian ilmu hukum ada krang lebih 30 mahasiswa dan kiranya akan masih bertambah mencapai 40 mahasiswa. Potensi mahasiswa S2 kita di tanah Luwu luar biasa, SDM yang ada di Unanda sangat luar biasa.

S1 tambang nampaknya masyarakat Tanah Luwu ini sangat merespon positif dengan kehadiran S1 Tambang di fakultas teknik Universitas Andi Djemma Kota Palopo, sejak diumumkan pembukaan S1 tambang sudah banyak yang ingin mendaftarkan diri.

Khusus untuk S1 pertambangan pada saat sebelum kuliah perdana dilakukan di kampus mahasiswa akan segera kita bawa ke PT. Vale untuk diperkenalkan dengan tambang. Universitas Andi Djemma yang baru membuka Program S1 pertambangan di Kota Palopo.

Sambutan Walikota Palopo Judas Amir mengatakan mengaku gembira melihat teman-temannya sudah ada yang dilantik jadi pimpinan Program Pasca Sarjana.

“Setelah mendapatkan masukan dari beberapa staf beliau terharu kenapa kita mau membesarkan fakultas yang lain sedangkan Kota Palopo kita mau tinggalkan. Kalau Kota Palopo ini ada yang kurang maka menjadi kewajiban kita untuk saling membantu, saling membenahi untuk bagaimana menyempurnakan itu,” ungkapnya.

“Kalau sudah ada S2 di Kota Palopo kenapa kita harus keluar Kota lagi akan tetapi bukan berarti kita melarang masyarakat pergi mencari yang lain karena itu hak asasi manusia, tetapi tetap ada akreditas kita karena tidak akan berubah nasib suatu kaum kalau bukan kita yang merubahnya menjadi lebih baik”,” sambungnya.

“Kota Palopo kebetulan kita ada di sini tidak akan pernah berubah kalau bukan kita banyak hal yang perlu diperbaharui di Kota Palopo. Mari kita berdiskusi ada hal yang keliru di mata masyarakat mari kita sampaikan,” terangnya.

Turut dihadiri Rombangan PT. Vale Indonesia dan para dosen pembimbing lapangan Universitas Andi Djemma Kota Palopo. (*)

ADVERTISEMENT