Walikota Palopo Kunjungi Makam Bersejarah di Luwu Utara

753
ADVERTISEMENT

LUTRA — Walikota Palopo, HM Judas Amir melakukan ziarah ke makam bersejarah di Malangke, Luwu Utara, Sabtu (9/2/2019).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Walikota berziarah ke makam Datuk Sulaiman Pattimang, Makam Andi Pattiware, makam Andi Abdullah Petta Malangke, dan ke makam Petta Pao.

ADVERTISEMENT

Sekadar diketahui, Datuk Sulaiman adalah seorang ulama dari Minangkabau yang menyebarkan agama Islam ke kerajaan Luwu, Sulawesi sejak kedatangannya pada tahun 1593 atau penghujung abad ke-16 hingga akhir hayatnya.

Datuk Pattimang bersama dua orang saudaranya yang juga ulama, yaitu Datuk ri Bandang yang bernama asli Abdul Makmur dengan gelar Khatib Tunggal dan Datuk ri Tiro yang bernama asli Nurdin Ariyani dengan gelar Khatib Bungsu menyebarkan agama Islam ke kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan pada masa itu.

ADVERTISEMENT

Pada awalnya Datuk Patimang dan Datuk ri Bandang melaksanakan syiar Islam di wilayah Kerajaan Luwu, sehingga menjadikan kerajaan itu sebagai kerajaan pertama di SulawesiSelatan, Tengah dan Tenggara yang menganut agama Islam.

Kerajaan Luwu merupakan kerajaan tertua di Sulawesi Selatan dengan wilayah yang meliputi Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur serta Kota Palopo,Tana Toraja, Kolaka (Sulawesi Tenggara) hingga Poso (Sulawesi Tengah).

Sebagai pemimpin di Kota Palopo, HM Judas Amir yang juga pernah menjabat camat di Malangke waktu itu, merasa perlu untuk ziarah ke makam pahlawan dan para wali, yang bersejarah di Luwu Raya.

Walikota dalam kunjungannya didampingi Asisten I Burhan Nurdin, asisten II Taufiq, Kadis Perdagangan Zulkifly, Kabag Humas Setda Kota Palopo Eka Sukmawati dan beberapa pejabat lainnya. (rls)

ADVERTISEMENT