Walikota Palopo Minta ASN Taat Pancasila

362
Walikota Palopo, HM Judas Amir.

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara awal bulan lingkup pemerintah kota Palopo di halaman kantor Walikota, Senin (4/3/2019).

Dalam amanatnya, walikota menyampaikan setiap pelaksanaan upacara terdapat beberapa susunan acara seperti menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Pancasila, Pembacaan UUD 1945 serta Pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia. Itu harus difahami betul-betuk dimaknai dan di implementasikan.

“Mengapa demikian di pelaksanaan upacara di baca seperti itu, karena ini merupakan acara resmi kenegaraan. Ini yang perlu dipahami dan harus diimplementasikan,” pesan HM Judas Amir.

Judas Amir juga meminta kepada peserta upacara, sebagai ASN, pembacaan panca Prasetya Korps pegawai ada poin yang di ucapkan, salah satunya mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau kelompok.

“Semuanya harus dimaknai, dan sekaligus di implementasikan makna yang terkandung di dalamnya,” ucapnya. “Kita ditakdirkan jadi pegawai di Palopo, oleh sebab itu tanggung jawab teman-teman sebagai ASN harus di jaga,” tambahnya.

Selain itu, lagu Indonesia Raya pula memiliki kata atau kalimat yang bermakna, bukan hanya dinyanyikan. “Pancasila sebagai dasar negara kita, jika ada yang mengaku bangsa Indonesia harus taat pada Pancasila,” tutupnya.

Upacara awal bulan juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Jamaluddin, para Asisten II, III, dan IV Setda Kota Palopo, para Kepala Perangkat Daerah, camat, lurah dan ASN lainnya. (asm)