Walikota Palopo Terima Tim Penilai Tertib Administrasi TP PKK Tingkat Nasional 2019

401
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo HM Judas Amir di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo, Utiasari Judas menyambut kedatangan Rombongan Tim penilai tertib Administrasi Tim Penggerak PKK Tingkat Nasional 2019 di aula Kantor Walikota Palopo, Jumat (21/6/2019).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Pada kesemptan itu HM Judas Amir mengucapkan selamat datang kepada tim penilai di Kota Palopo. Menurutnya berbicara pemerintahan tentunya tidak lepas dari tim penggerak PKK

ADVERTISEMENT

Lanjut Judas, sesungguhnya gerakan PKK merupakan faktor kunci dalam proses pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah hingga kepemerintahan paling bawah mampu berperan serta dalam pembangunan.

” Artinya bagus tidaknya sistem pemerintahan tentu TP PKK punya peran dan andil di dalamnya,” ungkap Walikota.

ADVERTISEMENT

Penegasan tersebut disampikan Walikota Palopo karena selaku orang nomor satu di Palopo dirinya merasakan betul peran TP PKK.

“Kalau TP PKK sudah bekerja dengan baik, yang merasakan pasti masyarakat,” sebutnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Lanjutnya, TP PKK adalah perpanjangan tangan dari pemerintah kepada masyarakat, artinya PKK mampu mengantisipasi hal hal yang kurang baik di masyarakat khususnya bagi kaum perempuan atau Ibu Ibu.

” Kita tidak akan pernah berhenti menghimbau kebaikan kepada masyarakat, dan PKK sebagai perpanjangan tangan pemerintah tentunya akan membantu menyampaikan kebaikan yang sama,” ungkap Walikota Palopo.

Sementara itu, ketua Umum tim penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang di wakili oleh Nursilah menyampaikan bahwa Lomba dalam rangka Hari kesatuan Gerak (HKG) PKK yang diselenggarakan tiap tahun ternyata direspon secara positif baik oleh pemerintah daerah maupun oleh pemerintah desa dan kelurahan.

” Dan alhamdulillah antusiasme masyarakat terhadap kegiatan lomba dalam rangka HKG ini cukup besar,” ungkap Erni.

Hal tersebut ditegaskan olehnya karena sesuai data jika ditinjau dari peningkatan kualitas penyelenggaraan kegiatan lomba dalam rangka HKG PKK, semakin hari semakin baik dan membawa nilai-nilai positif.

” Nilai positifnya karena sasaran penilaian tertuju pada pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Ditambahkannya, mengimbangi respon positif dari pemerintah daerah dan antusiasme masyarakat seperti itu maka pihaknya juga melaksanakan penyesuaian pada aspek penyelenggaraan lomba dalam rangka HKG PKK .

” Di antaranya mulai tahun 2019 ini daerah yang mengikuti lomba sebanyak 11 daerah yang masuk dalam nominasi nasional menjadi 6 daerah setiap kategori lomba,” paparnya.

Untuk penilaian tambahnya lagi, sejalan dengan itu pula pihaknya juga melakukan peningkatan kualitas manajemen, penilaian yang meliputi materi penilaian tahapan proses dan mekanisme penilaian sampai dengan penentuan juara pada saatnya nanti yang dilakukan secara berjenjang terbuka dan akuntabel sehingga merupakan Instrumen penilaian yang ideal dan objektif.

“Melalui pembinaan dan peningkatan manajemen penilaian seperti itu maka saya mengharapkan agar lomba ini memiliki potensi dan nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas termasuk Para pelaku pembangunan para Pimpinan dan pimpinan di semua tingkatan,” harapnya lagi.

Ketua tim penggerak PKK Kota Palopo, Utiasari Judas menyampaikan berbagai kegiatan sudah dilaksanakan TP PKK Kota palopo, dan itu tercantum pada 10 program pokok PKK dimana hal tersebut telah berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat.

Ia juga menyadari bahwa karena PKK adalah suatu organisasi sosial masyarakat yang besar dan memiliki jaringan yang sangat luas bahkan sampai pada tingkat desa dan dasawisma karena itu dalam rangka mencapai tujuan pelaksanaan program harus didukung penataan kelembagaan dan penataan dokumen administrasi secara teratur dan tertib sesuai dengan pedoman yang berlaku.

” Dan hal ini hanya dapat terpenuhi bila pengelolaan administrasi PKK berjalan dengan baik di semua tingjatan,” tandasnya. (rls)

ADVERTISEMENT