Walikota Parepare Ini Terpilih Gantikan Nurdin Halid di DPD Golkar Sulsel, Masih Satu “Shio”?

593
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Sulawesi Selatan secara aklamasi memilih Walikota Parepare Taufan Pawe menjadi Ketua DPD II Golkar Sulsel.

Taufan, politisi Golkar itu terpilih melalui hasil musyawarah mufakat 4 kandidat calon ketua.

ADVERTISEMENT

Pengumuman Taufan Pawe sebagai Ketua Golkar Sulsel diumumkan di Musda X Golkar Sulsel di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat malam (7/8/2020).

4 Kandidat ketua yang melakukan musyawarah mufakat ialah Taufan Pawe sendiri, anggota Komisi III DPR RI Supriansa, anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady, dan Ketua DPD II Partai Golkar Pangkep Syamsuddin A Hamid.

ADVERTISEMENT

Supriansa kemudian menyampaikan hasil rembuk 4 kandidat tersebut kepada para peserta Musda X Golkar Sulsel. Sebelumnya, para kandidat juga berkonsultasi ke Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Setelah kami berempat rembuk, maka disimpulkan Bapak Taufan Pawe sebagai Ketua DPD I Golkar Sulsel,” kata Supriansa dalam sambutannya.

Sebelum para kandidat ketua melakukan musyawarah mufakat yang memilih Taufan Pawe, Musda X Golkar Sulsel berjalan alot, dimana peserta berdebat soal calon ketua. Wakil Ketua DPP Golkar Nurdin Halid (NH) kemudian mengusulkan agar pemilihan ketua dikonsultasikan oleh 4 kandidat ke Ketum Airlangga.

Airlangga lantas meminta 4 kandidat berembuk memilih Ketua Golkar Sulsel.

Usai diumumkan secara resmi, Taufan Pawe kemudian menyampaikan terimakasih kepada 3 kandidat lainnya yang telah memercayakan tongkat kepemimpinan Golkar Sulsel kepada dirinya.

“Terima kasih kepada sahabat saya, Bapak Supriansa. Saya yakin karir beliau di Golkar akan cemerlang di masa yang akan datang. Bapak Hamka B Kady adalah guru saya, dan Syamsuddin Hamid adalah sahabat saya sebagai Ketua DPD II dan Bupati Pangkep,” ujar Taufan.

Dia juga berterimakasih kepada pendahulunya, yakni Plt Ketua Golkar Sulsel sebelumnya, Nurdin Halid.

“Seperti yang dikatakan sahabat saya, Supriansa bahwa dalam politik dibutuhkan seni dalam berpolitik. Kekuatan kita jika dipadukan, maka tidak ada yang mengalahkan. Marilah kita jangan terpecah-belah, tantangan bagi kita untuk melampai kerja-kerja Bapak NH,” katanya.

Sementara itu, Nurdin Halid yang ikut naik di podium mengatakan,
“Saya sudah empat kali mengurus Musda Golkar Sulsel.”

Ini adalah kalimat pembeda yang disampaikan Nurdin Halid sebelum penutupan Musda Golkar Sulsel di Jakarta Jumat (7/8/2020) tadi malam.

Ini Musda kesepuluh Partai Golkar Sulawesi Selatan.

Dan Nurdin Halid membuktikan kembali dirinya bukan kaleng-kaleng jika dipercaya mengurus sebuah forum.

Musda Golkar Sulsel pun berlangsung tertib dan melahirkan ketua baru; Taufan Pawe.

Walikota Parepare ini jadi ketua partai suksesor Nurdin Halid.

Taufan Pawe terpilih aklamasi setelah mantan Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel HAM Nurdin Halid memimpin musyawarah mufakat disepakati nama ketua baru.

“Musda sudah berlangsung dan telah berlalu. Memuaskan dalam pandangan kami, arahan pak NH sangat konstruksi dan itu yang kami genggam,” kata Juru Bicara Hasil Musda DPD I Golkar Sulsel Supriansa, Jumat (7/8/2020) malam.

“Musda kali ini tidak dilakukan voting dan kita berada di level tertinggi yaitu bermusyawarah,” kata Supriansa sembari mengatakan alot sekali.

“Kami sudah sepakati bahwa kita akan menangkan Partai Golkar Sulsel di bawah komando Taufan Pawe,” jelasnya. (*/iys)

ADVERTISEMENT