Warga Keluhkan Pencetakan KTP di Dukcapil Palopo, Ini Masalahnya…

103
ADVERTISEMENT

PALOPO — Salah seorang staf Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palopo, bernama Kusman terkesan memperlambat proses pelayanan pencetakan ktp elektronik, Minggu 11 Februari 2024.

Pasalnya, Kusman menyuruh sebagian orang yang telah melakukan perekaman untuk datang lagi dihari berikutnya untuk dilakukan pencetakan KTP.

ADVERTISEMENT

“Saya sudah perekaman tapi disuruh lagi untuk datang besok oleh staf bernama Kusman. Padahal ada sebagian orang yang datang, KTP- nya langsung jadi hari itu juga. Saya juga tidak tau apa alasannya tapi mungkin karena banyak yang mau cetak KTP,” kata seorang warga berinisial PT kepada Koran SeruYA. Dia menyesalkan tindakan yang dilakukan oknum pegawai di Dukcapil tersebut.

” Katanya pelayanan prima. Tetapi saya disuruh datang lagi besoknya. Padahal, ada warga lain yang KTP-nya langsung dicetak setelah melakukan perekaman. Mungkin mereka kenal sementara saya tidak,” keluhnya.

Perlakuan berbeda kepada warga berinisial PN. PN mengungkapkan perekaman dan pencetakan KTP ia lakukan di hari yang sama. Setelah melakukan perekaman, selang beberapa menit ktp elektroniknya sudah selesai dicetak.

“ Saya datang untuk buat KTP baru hari ini setelah perekaman di sebelah, saya langsung ke kantor Dukcapil untuk pencetakan, beberapa menit menunggu KTP sya sudah jadi,” kata PN.

Sebelumnya, Sekretaris Dukcapil Palopo, Makmur yang dihubungi menegaskan perekaman dan pencetakan KTP khususnya untuk para pemilih pemula semuanya dilakukan dalam satu hari kerja. Sementara itu, Kepala Dinas Pencatatan Sipil Besse Nur Asia yang ditemui oleh Jurnalis Koran Seruya di hari kejadian enggan memberikan pernyataan. (*)

 

ADVERTISEMENT