Warga Miskin Ulubalang Salomekko Bone Simpan Uang Kuno Bernilai Miliaran

6223
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM – -Nenek Lami (60), Seorang warga desa Ulubalang Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone yang meninggal Sabtu, 20 Juli 2018 lalu ternyata menyimpan uang kuno yang diperkirakan mendekati Miliaran rupiah.

Uang kuno berbentuk kertas dan koin berbagai jenis dan usia tersebut di perkirakan lebih dari 5000 lembar dan tersimpan rapi dalam karung terigu saat ditemukan.

ADVERTISEMENT

Kepala Desa Ulubalang, Haeril Kacong mengatakan, peninggalan almarhumah bahkan nyaris dibakar karena tidak diketahui bahwa uang kuno tersebut bernilai tinggi,

Namun belakangan diketahui barang buruan kolektor tersebut memiliki nilai dan harga.

ADVERTISEMENT

“Mengenai harganya belum pasti, tapi saya mendapatkan informasi kalau harga uang kuno tersebut bernilai jutaan rupiah perlembar, kalau ditotalkan bisa sampai miliaran rupiah, ” kata Haeril, Rabu 25 Juli 2018.

Kata Haeril, Nenek Lami diduga meninggal karena tersedak lalu terjatuh, namun karena tinggal sendiri jadi tidak ada yang melihatnya jatuh sementara jenasahnya ditemukan telah dikerubuni semut.

“Almarhum tinggal sendiri dirumahnya sejak 35 tahun yang lalu, orang tuanya sudah meninggal, dan tidak punya suami maupun anak, bahkan nenek tersebut tergolong miskin dan mendapatkan bantuan pemerintahan, namun setelah meninggal baru diketahui menyimpan uang kuno,” kata Haeril.

Tidak hanya itu, ternyata wanita tua ini juga memiliki piutang kurang lebih 100 jutaan, dan semuanya sudah terdeteksi dan dana piutang tersebut akan segera terkumpul.

“Saat ini uang kuno tersebut dipegang oleh kerabatnya, belum ada informasi mau dijual. atau disimpan uang kuno tersebut, sementara harta lainnya salah seorang kerabat dekatnya mengusulkan untuk menyumbangkan pembangunan mesjid, tapi itu masih dimusyawarahkan oleh keluarga nenek Lami, ” pungkas Haeril. (abdulwarishasrat)

ADVERTISEMENT