Waspada Banjir dan Tanah Longsor! BPBD Luwu Timur Beri Himbauan

994
Ilustrasi Bencana Banjir (foto/Antara)
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur menghimbau masyarakat agar siap siaga dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Himbauan ini dikeluarkan BPBD Luwu Timur melalui akun Facebook Pusdalops Bpbd Lutim. Dikarenakan beberapa hari terakhir ini Luwu Timur mengalami peningkatan intensitas curah hujan sedang dan lebat di akhir bulan Agustus.

ADVERTISEMENT

Dengan adanya himbauan itu, BPBD Luwu Timur meminta kepada masyarakat agar memperhatikan beberapa hal penting.

Diantaranya, masyarakat yang terletak di daerah rawan agar senantiasa siap siaga dalam menghadapi bencana dan tanah longsor.

ADVERTISEMENT

“Jika terjadi bencana banjir, maka diharapkan mengikuti jalur evakuasi yang ada di daerah masing-masing, dan tidak panik dalam menghadapi bencana,” Himbau BPBD seperti dikuti koranseruya.com melalui akun Facebook Pusdalops Bpbd Lutim, Sabtu (28/8/2021) malam.

Selain itu, BPBD juga menyarankan masyarakat agar senantiasa mengikuti perkembangan dan arahan dari pemerintah setempat.

ADVERTISEMENT

Serta mengharapkan untuk tidak menyebarkan berita hoax yang dapat menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat.

Selanjutnya, menempatkan dokumen atau surat berharga sertifikat, ke dalam tas yang dapat dijangkau sewaktu terjadi bencana. “Dan menyiapkan makanan siap saji dan air minum kemasan dalam 1 tas untuk kebutuhan sekeluarga minimal selama 1 minggu dan terkahir segera laporkan kepada instansi berwenang jika melihat dan mengalami kejadian bencana alam,” Demikian bunyi himbauan BPBD Luwu Timur. (Rah)

ADVERTISEMENT