Waspadai Penyakit Berbahaya Pada Wanita, RSUD Sawerigading Palopo Gelar Seminar Awam

63
RSUD Sawerigading Palopo menggelar Seminar Awam. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan HKN ke-58, Sabtu 12 November 2022. (Foto : Dok. Koran SeruYA)
ADVERTISEMENT

PALOPO — RSUD Sawerigading Palopo menggelar Seminar Awam. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan HKN ke-58, Sabtu 12 November 2022.

Dalam Kegiatan seminar itu dihadiri instansi Perempuan yang ada di palopo yaitu Ketua TP PKK, Dharma wanita, Bhayangkari, Persit, IIDI, IWAPI, BKMT, AISYIYAH, NASYIAH, WKRI, PWGT KLASIS PALOPO, Perwakilan Puskesmas Palopo dan Kader Posyandu.

ADVERTISEMENT

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula lantai 2 RSUD Sawerigading. Adapaun tema yang diangkat yaitu Deteksi dini kanker payudara, kanker leher rahim, dan operasi tympanomastoidektomi.

Dokter spesialis Onkologi, dr. Djonny Ferianto yang juga narasumber pada kegiatan mengatakan Kanker payudara merupakan penyebab kematian tersebar pada wanita setelah kanker serviks. Penyakit ini sering kali tergianosis pada studiun lanjut yakni 3 dan 4.

ADVERTISEMENT

“Untuk itu, para kaum wanita perlu memeriksa dini kesehatan dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI),” katanya.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Palopo Irsan Anugrah dalam sambutannya mengatakan seminar nasional kali ini dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional yang ke-58. Dia berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya kaum hawa.

ADVERTISEMENT

“Semoga masyarakat Palopo bisa lebih menjaga kesehatannya lagi dan terhidar dari penyakit. Terutama penyakit yang menghinggapi kaum perempuan seperti kanker payudara dan serviks,” pungkasnya. (eky)

ADVERTISEMENT