Wawali Beber Kunci Keberhasilan di SMAN 4 Palopo

467
Wawali Palopo, Rahmat Masri Bandaso menjadi pembina upacara di SMAN 4 Palopo. Ia juga menyempatkan mengajar di salah satu kelas.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Wakil Walikota (wawali) Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) menjadi pembina upacara di SMA Negeri 4 Palopo, Senin (28/1/19).

Di depan siswa, RMB mengajak mereka untuk menghormati guru. Keberhasilan kata dia ditentukan oleh guru.

ADVERTISEMENT

“Keberhasilan kita ditentukan oleh bagaimana sikap kita menghargai guru. Guru adalah orangtua kita di sekolah. Kalau kita ingin berhasil, hormati guru dan hormati orangtua,” kata RMB mengawali sambutannya.

Sekarang ini, lanjut mantan ketua DPRD Palopo itu, banyak siswa atau mahasiswa yang kurang ajar terhadap gurunya. “Tidak boleh seperti itu. Kapan kita kurang ajar terhadap guru, jangan berharap kita akan berhasil ke depannya. Itu kuncinya,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Walaupun dipukul, kata RMB itu harus diterima sebagai ganjaran. “Tapi sekarang, siswa dicubit atau dibentak saja, siswa melapor ke orangtua. Orangtua kemudian lapor ke polisi. “Kita tidak bisa menjadi orang kalau bukan guru,” katanya.

Kemudian yang kedua disampaikan RMB, untuk belajar saat ini makin mudah. Bisa melalui internet. “Sisa siswa yang memanfaatkannya dengan baik. Perbaiki intelektual kita,” katanya lagi. RMB juga berpesan agar para siswa menghindari narkoba dan harus mengetahui betapa bahayanya narkoba.

ADVERTISEMENT

“Ingat, jauhi narkoba. Narkoba ini sangat merusak. Jangan sekali-kali mencobanya,” tandasnya,

Usai pelaksanaan upacara, RMB juga bahkan menyempatkan memberikan pelajaran kepada siswa di ruang kelas. Kunjungan ke sekolah-sekolah akan menjadi perhatian wakil walikota Palopo. “Kita akan keliling sekolah. Ini penting untuk memberikan mereka motivasi untuk terus belajar,” tandasnya. (asm)

ADVERTISEMENT