WhatsApp Down, Penggunanya Teriak di Twitter

361
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA — Kabar tidak mengenakkan menghampiri para pengguna WhatsApp. Pasalnya, pada Minggu sore (18/1/2020), aplikasi pesan instan tersebut mengalami gangguan (down).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

WhatsApp diduga mengalami gangguan server, karena tidak bisa mengirim ataupun menerima konten berisi gambar dan video.

Meski begitu, pengiriman pesan teks, panggilan telepon, hingga panggilan video masih bisa digunakan dengan lancar, normal seperti biasanya.

Sialnya, gangguan ini tak hanya dialami oleh para pengguna WhatsApp dengan platform Android, namun juga iOS, termasuk iPhone. Ini  merupakan gangguan pertama yang dialami WhatsApp di tahun 2020.

ADVERTISEMENT

Dipantau melalui situs Downdetector, pada Minggu (19/1/2020) pukul 16:17 memang terdapat 176 laporan WhatsApp error. Dilihat dari sebaran peta, WhatsApp error tidak merata terjadi secara global.

Hingga berita ini tayang, pihak WhatsApp belum memberikan pernyataan resminya terkait masalah gangguan yang menimpa para pengguna aplikasi mereka.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Terlepas dari gangguan WhatsApp karena tidak bisa berkirim pesan gambar dan video, aplikasi ini memiliki rekor buruk di sepanjang 2019 lalu.

Pengguna dari berbagai negara mulai mengeluhkan masalah WhatsApp di Twitter. Tagar #whatsappdown pun mulai banyak bertebaran di linimasa Twitter. Salah satunya ditulis pengguna asal Pakistan, dengan akun @HamzaKhalid. “WhatsApp sedang bermasalah sekarang. Tidak bisa mengirim foto dan video. Hanya bisa mengirim teks. Apakah ada yang bermasalah juga?”, tulis pengguna Twitter bernama Hamza Khalid, dikutip Kompas.

Keluhan senada banyak dilontarkan pengguna WhatsApp di Indonesia di berbagai media sosial. “WA WhatsApp error’.gak bisa kirim stiker, file, foto atau lampiran lain. Efek siap2 WA berbayar?, tulis pengguna Twitter dengan handle @maolan. “Gabisa bikin status. yawes mlipir twitter, rebahan lalu scrolling. mangtap 🙂 #whatsappdown”, tulis akun @annahiza_.

“Whatsapp Media Sharing is down from past 45 minutes Oh my god!
Unable to send any photos or videos. Are you facing it too? 🤦🏻‍♂️
If yes which country are you from?#WhatsappDown #Whatsapp,” tulis akun @Pulkit_Juneja. (Iys)

ADVERTISEMENT