Wih! Pengganda Uang yang Videonya Viral di Sosmed Ditangkap Polisi, Apa Pasal?

574
ADVERTISEMENT

NASIONAL–Aparat kepolisian akhirnya menangkap seorang yang mengaku ustaz bernama Herman (ustaz gondrong) yang video penggandaan uangnya viral, di Babelan, Bekasi.

“Sudah ditangkap, hari ini penahanan,” ujar Kapolsek Babelan Kompol Ghulam N Pasaribu melansir VOI, Senin, 22 Maret.

ADVERTISEMENT

Video ustaz Gondrong asal Bekasi ini mulai viral pada Sabtu, 20 Maret. Dalam video tampak ustaz gondrong dikerumuni sejumlah orang.

Viral Video Penggandaan Uang di Bekasi, Polisi Jemput Pelaku
Rumah ustaz gondrong didatangi polisi

Sambil memangku anak perempuan, ustaz gondrong mengeluarkan kotak kayu dan kantong plastik. Ada juga jenglot yang ditunjukkan di depan orang yang berkerumun.

ADVERTISEMENT

Dalam video, ustaz gondrong memasukkan jenglot in ke kotak kayu yang tampak kosong isinya. Setelahnya dia juga ‘memainkan’ plastik hitam.

Simsalabim. Kotak kayu dibuka lalu muncul duit pecahan Rp100 ribu. Duit ini ditebar ustaz gondrong di lantai.

Banyak yang tak percaya dengan aksi pengganda uang dari Babelan Bekasi ini. Bahkan ada yang menyinggung kondisi rumah ustaz gondrong yang tampak biasa meski mengklaim diri bisa menggandakan uang.

Karena video ini, ustaz H alias ustaz gondrong ditahan. Polisi juga memeriksa sejumlah orang sekaligus menunggu adanya laporan dari korban yang merasa dirugikan dengan aksi “sulap” pengganda uang di Bekasi.

“Menurut saya (pelaku) enggak punya keahlian ya, kan yang kaya gitu enggak bisa dibuktikan,” ujar Kompol Ghulam.

“Keterangan dia (ustaz Gondrong) baru beberapa kali, tapi kan enggak bisa dipercaya ya,” tegas Ghulam.

Tonton videonya:

Klarifikasi Kapolres

Kapolres Metro Bekasi, Komisaris Besar Hendra Gunawan mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait video viral penggandaan uang di Kecamatan Babelan itu.

“Kapolsek Babelan sudah saya perintahkan untuk mengklarifikasi viralnya video itu kepada yang mengaku ustaz H atau sebutannya ustaz gondrong. Masih dalam penyelidikan, apakah yang bersangkutan bisa menggandakan atau hanya sekadar main-main, atau ada iktikad tidak baik untuk melakukan penipuan,” katanya pula.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara Polsek Babelan, kata Hendra, pria yang mengaku ustaz tersebut tidak mengerti soal agama saat ditanya seputar surat-surat dalam Al Quran.

“Yang terkait orang dalam video itu masih dalam penyelidikan, tadi kami periksa juga, klarifikasi, istrinya yang menyebar video itu juga sedang kami lakukan pemeriksaan,” kata Hendra.

(*)

ADVERTISEMENT